Logo Bloomberg Technoz

Menakar Pergerakan 'Poros Perlawanan' Iran usai Serangan Israel

News
20 April 2024 17:45

Iran Serang Israel (Dok. Bloomberg)
Iran Serang Israel (Dok. Bloomberg)

Sam Dagher dan Golnar Motevalli - Bloomberg News

Bloomberg, Awal bulan ini, Kamleh Al-Yaseeni seharusnya menemani temannya ke panti jompo di Damaskus tempat mereka berdua menjadi relawan. Namun, menurut teman-teman dan tetangganya, ia memutuskan untuk tinggal di rumah bersama putranya yang cacat. Pada akhirnya, keputusan ini merenggut nyawa mereka berdua.

Keluarga asal Suriah itu tewas dalam serangan udara di gedung berlantai tiga tempat mereka tinggal. Serangan tersebut juga menewaskan pemimpin militer Iran berpangkat tinggi yang bertanggung jawab atas operasi proksi di Suriah dan Lebanon. Israel tidak mengkonfirmasi maupun membantah serangan itu, tetapi Teheran menyebut serangan tersebut sebagai alasan serangan rudal dan drone akhir pekan lalu, yang merupakan serangan langsung pertama Iran terhadap Israel.

Dengan pernyataan pejabat AS bahwa Israel melakukan serangan balasan terhadap Iran pada Jumat (19/04/2024) dini hari, dunia menunggu apakah akan ada serangan lanjutan atau apakah siklus aksi langsung timbal balik ini akan berhenti di sini. Yang jelas, komponen utama dari persenjataan Teheran yang belum sepenuhnya dikerahkan adalah pasukan proksinya di Suriah, Lebanon, Irak, dan Yaman, yang siap mengambil peran lebih penting jika diperlukan.

Apa yang disebut Teheran sebagai "poros perlawanan" telah menjadi fokus utama militer Israel, yang telah melakukan upaya besar untuk memburu mereka - seperti yang terlihat di Damaskus dan tempat lain. Namun para analis setuju bahwa kemampuan mereka tetap ada dan pasukan proksi Iran masih bisa menimbulkan kerugian besar, meningkatkan konflik di saat yang semakin genting bagi Timur Tengah.