Logo Bloomberg Technoz

Di Vietnam Rp256 T, Alasan Apple Hanya Tanam Rp1,6 T di Indonesia

Muhammad Fikri
19 April 2024 20:15

CEO Apple Inc Tim Cook bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/4/2024). (Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)
CEO Apple Inc Tim Cook bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/4/2024). (Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, mengungkapkan alasan mengapa jumlah investasi Apple Inc di Indonesia sangat kecil. Bahkan jumlahnya jauh dari total investasi perusahaan Tim Cook tersebut di tetangga Indonesia; Singapura dan Vietnam.

"Vietnam ngasih intensif agak apa ya, agak bombastis," kata Budi, Jumat (19/4/2024).

Hal ini merujuk pada kebijakan tax holiday yang diberikan pemerintah Indonesia dan Vietnam. Menurut Budi, pemerintah Vietnam berani memberikan tax holiday bagi industri manufaktur hingga 50 tahun. Sedangkan Indonesia hanya berkisar 5-10 tahun.

Tax Holiday adalah salah satu bentuk intensif pajak yang harus ditanggung oleh pelaku usaha. Bentuk dari intensif pajak tersebut dapat berupa pengurangan hingga pembebasan pajak penghasila (PPh) badan dalam jangka waktu tertentu.

Menurut dia, pemerintah Vietnam memang sengaja memberikan insentif besar agar banyak investasi masuk ke negara tersebut. Terutama, negara tersebut butuh banyak lapangan pekerjaan karena memiliki 200 ribu tenaga kerja.