Logo Bloomberg Technoz

Modi menikmati popularitas tinggi di India, dengan partai BJP menargetkan kemenangan besar untuk memperluas posisi mayoritasnya di parlemen India, Lok Sabha. Partai yang paling berkuasa tersebut menargetkan dua pertiga mayoritas (370 dari 543 kursi yang diperebutkan) dan 400 kursi dari partai-partai sekutunya. Pada 2019, BJP meraih 303 kursi.

Pemilu ini digelar ketika kepentingan India semakin diakui secara global. AS telah mendekati India karena negara tersebut berupaya mengimbangi Beijing. Perusahaan-perusahaan global seperti Apple Inc hingga Tesla Inc berupaya meningkatkan kehadiran mereka di India, sebagai dorongan yang lebih luas dari banyak perusahaan untuk melakukan diversifikasi dari China.

Modi telah mendapat keuntungan dari meningkatnya status negara serta pertumbuhan India yang kokoh, yang tercepat di antara negara-negara dengan ekonomi besar di dunia dengan lebih dari 7%. Program-program sosial yang didukung oleh BJP seperti distribusi makanan gratis kepada orang miskin dan subsidi gas memasak telah menjadi sumber popularitas bagi perdana menteri.

Salah satu daya tarik utama bagi Modi adalah agenda nasionalisme Hindu untuk meningkatkan posisi agama dalam kehidupan publik. Ini merupakan sebuah kebijakan yang dikatakan partai oposisi dan aktivis sebagai memecah belah dan bertentangan dengan akar sekuler negara. Salah satu pencapaian utama bagi Modi adalah pembukaan kuil Hindu pada bulan Januari di kota utara Ayodhya, di situs sebuah masjid yang dihancurkan oleh kelompok fanatik Hindu.

Umat Hindu menyumbang 80% dari populasi India, sementara Muslim sekitar 14%.

Perbandingan janji kebijakan partai-partai di India. (Sumber: Bloomberg)

Partai-partai oposisi India juga telah fokus pada prioritas ekonomi dalam upaya mereka menarik pemilih. Kongres menjanjikan jaminan harga tetap bagi petani, 3 juta lapangan kerja di pemerintahan federal, dan bantuan tunai bagi perempuan.

Oposisi telah berusaha memanfaatkan kekhawatiran tentang ekonomi. Meskipun pertumbuhan ekonomi cukup pesat, ekonomi tidak menghasilkan lapangan kerja dengan cukup cepat untuk menyerap populasi pemuda yang besar. Inflasi tinggi tetap menjadi masalah, begitu juga dengan kesenjangan antara kaya dan miskin yang semakin melebar.

Namun, pihak oposisi telah menghadapi beberapa kemunduran, termasuk kehilangan anggota partai yang membelot ke penguasa serta penyelidikan dan penahanan pemimpin kunci, yang mereka katakan bermotivasi politik. BJP telah menyangkal klaim tersebut.

Selain pemilihan nasional, dua negara bagian di timur laut juga melakukan pemilihan untuk legislatif negara bagian mereka pada Jumat - Sikkim dan Arunachal Pradesh. Hasil pemilihan negara bagian akan diumumkan pada tanggal 2 Juni.

(bbn)

No more pages