Logo Bloomberg Technoz

Ini Langkah Pemerintah Hadapi Puncak Arus Balik Lebaran 2024

Pramesti Regita Cindy
16 April 2024 10:17

Sejumlah truk angkutan barang melintas di ruas tol Tangerang - Jakarta, Banten, Senin (1/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Sejumlah truk angkutan barang melintas di ruas tol Tangerang - Jakarta, Banten, Senin (1/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah menetapkan langkah antisipatif guna menghadapi puncak arus balik pada H+4 Lebaran serta hari setelahnya di tol Cikampek.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaparkan sejumlah rekayasa lalu lintas telah disiapkan, termasuk rekayasa contraflow 3 lajur. Selain itu, dilakukan pula pengalihan ke jalur Jakarta-Cikampek 2 Selatan dengan maksimal 500 kendaraan per jam pada siang dan malam hari. 
Peningkatan keselamatan lajur contraflow juga akan ditingkatkan dengan imbauan kepada pengguna jalan terkait penggunaan lajur contraflow dan larangan berhenti di bahu jalan.
"Hari ini [Senin, 15/4/2024] adalah hari puncak dimana diperhitungkan ada kenaikan dari hari sebelumnya, menjadi paling tidak 190.000 kendaraan yang akan melintas di tol Cikampek dalam 1 hari. Kami telah membuat langkah antisipatif guna menghadapinya," kata Budi dalam siaran pers perihal Rapat Koordinasi Penanganan Arus Balik di KM70 Cikampek, dikutip Selasa (16/4/2024). 
Budi lantas menambahkan bahwa rekayasa lalu lintas dan penyebaran waktu arus balik perlu dilakukan untuk menghindari konsentrasi pada waktu dan ruas tertentu. Tak hanya itu, ia mengingatkan masyarakat untuk menunda waktu pulang jika memungkinkan, atau memanfaatkan kebijakan Work From Home (WFH) bagi aparatur sipil negara (ASN).
Rapat Koordinasi Penanganan Arus Balik di KM70 Cikampek yang dihadiri juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, menyatakan bahwa mudik kali ini berjalan lancar, terutama dilihat dari menurunnya angka kecelakaan. 
"Secara umum, capaian angkutan Lebaran kali ini sangat baik. Terutama dari sisi angka kecelakaan, jumlah korban meninggal, dan jumlah santunan mengalami penurunan yang signifikan. Kita harus mengutamakan keselamatan dan mencapai zero accident," paparnya.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menambahkan bahwa kepolisian telah menyiapkan langkah antisipatif jika terjadi kepadatan luar biasa pada jalur tol dari Semarang hingga Jakarta. Langkah-langkah tersebut termasuk penggunaan jalur arteri di titik-titik tertentu, one way, contraflow, dan peralihan arus di jalur arteri.
Untuk diketahui, Jasa Marga memberikan potongan tarif tol sebesar 20% yang berlaku pada 17 April 2024 pukul 05.00 WIB sampai 19 April 2024 pukul 05.00 WIB. 
Potongan ini berlaku untuk perjalanan dari Semarang hingga Jakarta, untuk transaksi di Gerbang Tol Kalikangkung menuju Gerbang Tol Cikampek Utama. Berdasarkan data yang disampaikan oleh Jasa Marga, kendaraan yang masuk kembali ke Jakarta hingga 15 April 2024 pukul 06.00 WIB telah mencapai 51,5% dari total proyeksi.