Logo Bloomberg Technoz

Pejabat The Fed: Suku Bunga Turun Tahun Ini Jika Inflasi Mereda

News
16 April 2024 06:50

Gubernur Federal Reserve Bank of New York John Williams. (Dok: Bloomberg)
Gubernur Federal Reserve Bank of New York John Williams. (Dok: Bloomberg)

Alexandra Harris - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Bank Federal Reserve New York, John Williams, mengatakan bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) kemungkinan akan mulai menurunkan suku bunga tahun ini jika inflasi terus menurun secara bertahap.

Williams mengatakan kebijakan moneter berada dalam kondisi yang baik. Kekuatan konsumen dan ekonomi AS secara luas masih bertahan.

"Kita perlu memulai proses pada titik tertentu untuk mengembalikan suku bunga ke tingkat yang lebih normal, dan pandangan saya sendiri adalah proses itu kemungkinan akan dimulai tahun ini," kata Williams Senin (15/04/2024) dalam wawancara dengan Michael McKee dari Bloomberg Television.

Indikator inflasi utama AS naik lebih tinggi dari perkiraan para ekonom selama tiga bulan berturut-turut di bulan Maret. Hal ini meningkatkan kekhawatiran bahwa kemajuan dalam mengurangi tekanan harga sedang terhenti. Williams mengatakan dia tidak melihat data inflasi terbaru sebagai "titik balik" tetapi menambahkan angka-angka tersebut akan mempengaruhi pendapat dan perkiraannya.