Logo Bloomberg Technoz

One Way Resmi Sore Ini, Lalin Arah Timur 'Dibuang' sejak KM 72

Dovana Hasiana
13 April 2024 16:08

Mobil melintas saat penerapan sistem one way di KM 72 Tol Cikampek. Ilustrasi (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Mobil melintas saat penerapan sistem one way di KM 72 Tol Cikampek. Ilustrasi (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rekayasa lalu lintas one way resmi diterapkan di Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang sampai dengan Cikampek hari Sabtu (13/4/2024) sejak pukul 15.00 WIB. 

Sebelumnya telah dilakukan pembersihan jalur selama dua jam sejak pukul 13.00 WIB.

Rekayasa lalu lintas one way diterapkan mulai dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai dengan KM 72 Jalan Tol Cipali. 

Penerapan rekayasa lalu lintas one way berdasarkan indikator volume lalu lintas dari traffic counting yang terletak di sepanjang KM 414 Jalan Tol Batang-Semarang hingga KM 190 Jalan Tol Palikanci, yang dipantau selama 3 jam berturut-turut dan jumlah volume lalu lintas di periode tersebut tercatat di atas indikator.

"Dengan berakhirnya titik one way di KM 72, maka pengguna jalan dari Jakarta yang menuju arah Jalan Tol Cipali/Jalan Tol Trans Jawa akan dialihkan akses keluar GT Cikampek KM 72 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan melanjutkan perjalanannya melalui jalan nasional Pantura. Sedangkan untuk rute pengguna jalan dari arah Jakarta menuju arah Bandung masih berlaku normal,” ujar Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani dalam siaran pers, Sabtu (13/4/2024).