Logo Bloomberg Technoz

Info Arus Balik: Daftar Titik Rawan Kelelahan dan Kecelakaan

Azura Yumna Ramadani Purnama
11 April 2024 21:10

TKP kecelakaan di Km 370 Tol Batang-Semarang (Instagram @korlantaspolri.ntmc)
TKP kecelakaan di Km 370 Tol Batang-Semarang (Instagram @korlantaspolri.ntmc)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menyampaikan terdapat sejumlah titik rawan kemacetan dan titik rawan kelelahan di rute perjalanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Ia menjelaskan, pada rute Surabaya-Jakarta terdapat beberapa titik lelah para pengendara saat arus balik Lebaran 2024, yakni di KM 570 Tol Ngawi, KM 429 di Semarang, KM 360-370 di Batang.

Aan menyebut beberapa titik tersebut merupakan blackspot yang kerap menyebabkan pengendara kelelahan dan berakhir terjadi kasus kecelakaan tunggal.

Sementara itu, untuk wilayah rawan kemacetan dipetakan berada pada KM 66 Tol Jakarta - Cikampek (Japek). Selain itu, area peristirahatan atau rest area juga masih menjadi titik krusial kemacetan, serta kendaraan yang parkir di bahu jalan juga menjadi salah satu titik perlambatan.

“Di tol sendiri daerah rawan macet di KM 66 jadi titik krusial yang harus kita kelola, rest area juga masih, kemudian kendaraan yang parkir di bahu jalan masih jadi titik perlambatan,” kata Aan dalam konferensi pers di Posko Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama), Kamis (11/4/2024).

Titik Kritis