Logo Bloomberg Technoz

Apple Setujui Tuntutan Antimonopoli UE Soal Streaming Musik

News
06 April 2024 21:00

Jaringan toko ritel Apple. (Dok: Bloomberg)
Jaringan toko ritel Apple. (Dok: Bloomberg)

Samuel Stolton - Bloomberg News

Bloomberg, Apple Inc bersedia menerima tuntutan Uni Eropa (UE) untuk berhenti mencegah aplikasi streaming musik memberi tahu pengguna tentang kesepakatan di luar App Store, meskipun perusahaan masih akan mengenakan biaya atas penjualan tersebut.

Pembuat iPhone yang berbasis di Cupertino, California itu mengatakan pada Jumat waktu setempat bahwa aplikasi streaming musik di App Store di Eropa sekarang dapat menyertakan tautan ke situs jejaring pengembang, memberi tahu pengguna tentang cara alternatif untuk membeli langganan.

Pengumuman ini muncul setelah perusahaan tersebut didenda €1,8 miliar dari regulator Brussels atas dugaan perilaku kasar.

Namun, dalam sebuah langkah yang dapat memicu pertentangan dari pihak yang mengajukan pengaduan, Apple mengatakan bermaksud untuk melanjutkan dan membebankan komisi sebanyak 27% atas penjualan aplikasi yang dilakukan di halaman situs jejaring pengembang, setelah pengguna mengeklik tautan eksternal dari situs tersebut dan melakukan pembelian dalam waktu tujuh hari.