Logo Bloomberg Technoz

Kemenhub: Peserta Mudik Gratis Melonjak 62% Lebaran Tahun Ini

Mis Fransiska Dewi
06 April 2024 18:20

Pelepasan program Mudik Gratis 2024 Kementerian Perhubungan, Sabtu (6/4/2024)./dok. Kemenhub
Pelepasan program Mudik Gratis 2024 Kementerian Perhubungan, Sabtu (6/4/2024)./dok. Kemenhub

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan mengatakan total peserta program Mudik Gratis tahun ini berjumlah 40.088 penumpang. Angka ini meningkat 62,33% dibandingkan dengan tahun lalu yang berjumlah 24.368 penumpang.

"Khusus dari Terminal Jatijajar, Depok diberangkatkan sebanyak kurang lebih 7.640 penumpang dengan jumlah bus sebanyak 187 unit," kata  Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Suharto saat melepas mudik gratis bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sabtu (6/4/2024).

Budi menyatakan program Mudik Gratis ini merupakan bagian Kemenhub dalam mendorong perjalanan mudik yang berkeselamatan. Kepadatan pemudik bersepeda motor di jalan raya dapat dialihkan ke moda angkutan umum, salah satunya dengan bus.

"Antusiasmenya luar biasa. Bahwa arahan Presiden ini tepat, mudik gratis menjadi keharusan. Saya mengapresiasi mudik gratis bukan hanya dari Kemenhub, tapi BUMN, Kepolisian dan swasta juga melakukan. Kalau kita bersama-sama melakukan ini maka mudik yang berkeselamatan yang tidak menggunakan motor akan terjadi,” ujar Menhub Budi Karya.

Dia pun berharap kegiatan mudik gratis ini dapat menambah kebahagiaan dan memberikan manfaat bagi masyarakat dan silaturahmi di kampung halaman berjalan lancar dengan penuh kehangatan.