Logo Bloomberg Technoz

Para penasihat Gedung Putih telah menelepon para pengusaha besar di Baltimore, termasuk Amazon.com Inc dan Home Depot Inc untuk mendorong mereka agar tetap mempertahankan pekerjaannya.

Pembukaan jalur selebar sekitar 85 meter dan sedalam hampir 11 meter ini akan memakan waktu sekitar empat minggu, demikian ungkap Angkatan Darat AS dalam uraian rencana sementara. 

Kapal kontainer Dali usai menabrak Jembatan Francis Scott Key di sungai Patapsco di Baltimore, Maryland, AS, Selasa (26/4/2024). (Dok: Bloomberg)

Pemulihan kanal— dengan lebar 231 meter dan kedalaman 15 meter — diperkirakan akan memakan waktu hingga akhir Mei.

“Ini adalah jadwal yang ambisius yang mungkin masih dipengaruhi oleh kondisi cuaca buruk yang signifikan atau perubahan kompleksitas reruntuhan,” kata Letnan Jenderal Scott Spellmon, komandan jenderal Korps Angkatan Darat, dalam sebuah posting.

“Kami bekerja dengan cepat dan aman untuk membersihkan saluran dan memulihkan layanan penuh di pelabuhan yang sangat penting bagi negara ini.”

Bloomberg melaporkan pada hari Kamis bahwa para pejabat federal siap untuk merilis temuan-temuan awal dari investigasi mereka dalam beberapa hari ke depan. Bahan bakar kapal yang tercemar, yang mengakibatkan kerusakan mesin yang serius dan terkadang mati total, merupakan salah satu faktor yang sedang diselidiki.

Baltimore (Dok: Bloomberg)

(bbn)

No more pages