Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Kirim Bantuan untuk Palestina dan Sudan Rp30 Miliar

Redaksi
04 April 2024 12:37

Warga Palestina menunggu untuk mengambil bantuan makanan gratis di Rafah, Gaza selatan, Senin (18/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Warga Palestina menunggu untuk mengambil bantuan makanan gratis di Rafah, Gaza selatan, Senin (18/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah melepas bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina dan Sudan senilai total Rp30 miliar. Bantuan yang dikirimkan berupa obat-obatan, peralatan kesehatan, dan bantuan lain sesuai kebutuhan.

Hal itu disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam unggahan di akun media sosialnya, Kamis (4/4/2024). Bendahara Negara mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri upacara pelepasan bantuan kemanusiaan Pemerintah Indonesia untuk Sudan dan Palestina melalui Pemerintah Mesir di Baseops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (3/4).

"Bantuan senilai Rp30 miliar ini dikirimkan sesuai permintaan Pemerintah Mesir dan Sudan. Dua daerah yang sedang didera peristiwa kemanusiaan dan konflik internal," ujar Sri Mulyani.

Pemerintah Mesir kini sedang menampung lebih dari 1,5 juta pengungsi Palestina di Kota Rafah, sementara Pemerintah Sudan menghadapi konflik internal serta wabah kolera. 

Bantuan diangkut oleh pesawat charter Garuda Indonesia dan diantarkan langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kemanusiaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto ke Kairo, Mesir.