Logo Bloomberg Technoz

Ratusan Turis hingga Penambang Terjebak Reruntuhan Gempa Taiwan

News
04 April 2024 12:30

Gempa di Hualien Taiwan (Dok. Istimewa)
Gempa di Hualien Taiwan (Dok. Istimewa)

Chien-Hua Wan - Bloomberg News

Bloomberg, Unit tanggap darurat Taiwan bekerja sepanjang malam untuk menyelamatkan lebih dari seratus pekerja tambang, staf hotel, dan turis yang masih terjebak di reruntuhan dan puing-puing lainnya, lebih dari sehari setelah pulau itu diguncang gempa bumi terbesar dalam 25 tahun.

Dengan sebagian besar kerusakan akibat gempa berkekuatan 7,4 SR pada hari Rabu (03/04/2024) terkonsentrasi di dekat pusat gempa di sisi timur Taiwan, upaya penyelamatan berfokus pada orang hilang atau terperangkap di daerah dataran tinggi di sekitar Hualien Raya. Kawasan tersebut merupakan lokasi taman nasional populer dan tambang semen Taiwan.

Tim penyelamat mengatakan mereka sedang berupaya membersihkan jalan yang terblokir dan terowongan yang runtuh pada pukul 8:00 malam waktu setempat.

Pemerintah mengatakan sembilan orang dipastikan tewas akibat gempa. Sementara itu, jumlah orang yang terjebak meningkat dalam semalam menjadi 101. Total tersebut termasuk sekitar 64 penambang serta puluhan staf di hotel bintang lima di pegunungan.