Logo Bloomberg Technoz

MotoGP hanyalah aset terbaru yang diambil alih oleh kerajaan Liberty Media milik miliarder John Malone.

Perusahaan telah menguasai berbagai bisnis, mulai dari media, komunikasi, dan hiburan seperti promotor konser Live Nation Entertainment Inc.

Sejak membeli F1 pada tahun 2016, Liberty Media telah menargetkan pasar-pasar utama termasuk Amerika Serikat (AS), berusaha untuk meningkatkan popularitas olahraga ini melalui streaming digital dan meraih kesuksesan dengan acara Drive to Survive. 

Kesepakatan ini mungkin akan mendapat pengawasan dari regulator antimonopoli. Perusahaan pembeli CVC Capital Partners Ltd terpaksa menjual MotoGP hampir dua dekade lalu untuk mendapatkan persetujuan antimonopoli dari regulator Eropa atas pengambilalihan Formula 1 pada tahun 2005.

MotoGP berencana untuk menyelenggarakan 21 balapan di 17 negara pada musim tahun ini, menurut pernyataan perusahaan.

Liberty mengatakan bahwa mereka mendanai kesepakatan ini dengan kombinasi uang tunai dan utang dan berharap transaksi ini akan selesai pada akhir 2024.

Chief Executive Officer Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, akan terus menjalankan bisnis ini. 

Liberty Media memiliki rencana untuk memperluas acara MotoGP ke “audiens global yang lebih luas,” kata sang CEO Greg Maffei dalam pernyataan perusahaan pada hari Senin.

“Bisnis ini memiliki potensi yang signifikan, dan kami berniat untuk mengembangkan olahraga ini untuk para penggemar MotoGP, tim, mitra komersial, dan para pemegang saham kami,” katanya. 

Goldman Sachs & Co LLC bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Liberty Media. Mereka juga menyediakan pembiayaan utang berkomitmen. O'Melveny & Myers LLP bertindak sebagai penasihat hukum. Moelis & Company LLC adalah penasihat keuangan untuk Dorna, dan Latham & Watkins LLP adalah penasihat hukum.

(bbn)

No more pages