Logo Bloomberg Technoz

Sedangkan kunjungannya ke Jepang, yang bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida dan Menteri Pertahanan Minoru Kihara, guna melakukan pembicaraan tingkat tinggi yang serupa di tengah meningkatnya ketegangan di Laut Cina Selatan (LCS).

Rencana kunjungannya ke Jepang diumumkan pada hari Senin, hanya beberapa hari setelah kementerian luar negeri China mengatakan bahwa kunjungan internasional pertama Prabowo sejak memenangkan pemilihan presiden pada bulan Februari adalah ke Beijing.

Saat Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto dalam kunjungan di Magelang, Jawa Tengah. (Dok: Instagram/Prabowo)

Kunjungan ke Jepang menunjukkan bahwa Prabowo akan melanjutkan strategi jalan tengah pendahulunya, Joko Widodo, dalam menavigasi persaingan AS-China.

Konfrontasi antara China dan Filipina telah meningkat selama setahun terakhir karena Presiden Ferdinand Marcos Jr mengalihkan kebijakan luar negerinya kembali ke sekutu lama Filipina, AS.

Sejak Marcos menjabat pada tahun 2022, ia telah meningkatkan hubungan keamanan dengan Washington dan sekutunya. Dia juga menegaskan klaim teritorial Filipina, yang tumpang tindih dengan China dan negara-negara tetangga lainnya. 

Presiden Jokowi telah mempertahankan pendekatan non-konfrontatif atas sengketa laut —meskipun klaim Beijing memotong zona ekonomi eksklusif Indonesia—dan Xi lebih suka Indonesia melanjutkan pendekatan tersebut.

Peta Laut China Selatan yang jadi sengketa. (Dok: Bloomberg)

Prabowo mengatakan selama kampanyenya bahwa ia tidak akan memihak dalam sengketa ini.

China mengklaim hampir semua jalur perairan yang sangat penting untuk perdagangan global dan diperkirakan mengandung cadangan energi yang sangat besar.

Beijing telah mengabaikan keputusan pengadilan internasional pada tahun 2016 yang menyatakan bahwa upayanya untuk menegaskan kontrol atas LCS telah melampaui hukum.

Infografis 4 Negara yang Bersengketa Soal Laut China Selatan dengan China (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

- Dengan asistensi Chandra Asmara dan Ben Westcott.

(wep)

No more pages