Logo Bloomberg Technoz

Maret secara tradisional merupakan periode yang cepat untuk penjualan rumah, melonjak 93% dari Februari, tetapi penjualan masih lebih lemah dari rata-rata bulanan pada kuartal ketiga dan keempat tahun lalu, menurut CRIC.

Angka-angka terpisah yang dirilis pada Senin menunjukkan gambaran yang beragam untuk harga-harga rumah di China. Harga-harga rumah baru naik 0,27% di Maret, meningkat dari 0,14% di Februari, data China Index Holdings menunjukkan. Dari tahun sebelumnya, harga-harga tersebut naik 0,82%.

Di pasar rumah bekas, bagaimanapun, harga turun 0,56% dari bulan sebelumnya dan 4,8% dalam setahun, menurut laporan tersebut, yang melacak nilai di 100 kota besar.

CRIC memperingatkan bahwa pasar rumah baru sepertinya tidak akan segera menghangat, yang akan mempertahankan tekanan pada penjualan para pengembang. CRIC memperkirakan penjualan di April tidak akan berubah atau sedikit meningkat dari Maret.

Sebuah indeks yang melacak saham-saham pengembang utama yang terdaftar di daratan naik sebanyak 1,6% pada Senin. Bursa saham Hong Kong ditutup untuk hari libur.

Pelemahan pasar properti telah mendorong Fitch Ratings untuk menurunkan peringkat kredit beberapa perusahaan pengembang ke dalam kategori sampah, termasuk Vanke dan Longfor Group Holdings Ltd.

Fitch Ratings pada Kamis juga memangkas perkiraan untuk pasar perumahan, dan sekarang memperkirakan penurunan penjualan rumah baru sebesar 5%-10% tahun ini di tengah melemahnya permintaan pembelian rumah. Perusahaan pemeringkat ini sebelumnya memperkirakan penurunan 0%-5%.

(bbn)

No more pages