Logo Bloomberg Technoz

Aktivitas Pabrik di China Meningkat untuk Pertama Kalinya 6 Bulan

News
31 March 2024 16:00

Pabrik manufaktur China. (Dok: Bloomberg)
Pabrik manufaktur China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Aktivitas manufaktur China berekspansi pada Maret untuk pertama kalinya sejak September, sebuah tanda bahwa ekonomi terbesar kedua di dunia ini mulai stabil.

Indeks manajer pembelian manufaktur resmi naik menjadi 50,8 dari 49,1 di Februari, Biro Statistik Nasional mengatakan dalam sebuah pernyataan Minggu. Angka tersebut mengalahkan perkiraan median 50,1 oleh para ekonom dalam survei Bloomberg dan merupakan angka terbaik sejak Maret tahun lalu.

Indeks aktivitas non-manufaktur naik dari bulan sebelumnya menjadi 53, dibandingkan dengan perkiraan 51,5. Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi dari bulan sebelumnya, sementara angka di bawahnya menunjukkan kontraksi.

Aktivitas manufaktur China. (Dok: Bloomberg)

Angka-angka PMI adalah data resmi pertama yang tersedia setiap bulan untuk memberikan gambaran tentang kesehatan ekonomi China. Angka-angka ini menunjukkan bahwa pemulihan pertumbuhan negara ini telah mempertahankan daya tariknya setelah awal tahun yang solid. Angka-angka ini dapat memberikan para pembuat kebijakan lebih banyak waktu untuk menilai dampak dari langkah-langkah stimulus sebelumnya sebelum mengambil tindakan pelonggaran lebih lanjut.