Logo Bloomberg Technoz

Ekspansi pada PMI manufaktur sebagian besar didorong oleh komponen produksi, yang naik menjadi 52,2 dari 49,8 di Februari, menurut ekonom Bloomberg Intelligence, David Qu. Indeks pesanan baru meningkat lebih banyak lagi, menjadi 53,0 dari 49,0, memberikan tanda-tanda yang jelas akan percepatan aktivitas, tulis Qu dalam sebuah laporan Minggu.

Namun, harga gerbang produsen terus turun, dan pada laju yang lebih cepat, dengan komponen harga output turun lebih dalam di kisaran kontraksi, menurut Qu.

China telah menetapkan target untuk meningkatkan produk domestik bruto sekitar 5% tahun ini, yang oleh banyak ekonom dianggap sulit untuk dicapai, mengingat kemerosotan yang berlarut-larut di sektor properti dan tekanan deflasi yang terus-menerus.

Pihak berwenang telah mengeluarkan lebih banyak likuiditas jangka panjang ke dalam sistem perbankan tahun ini untuk memacu pinjaman, dengan para pejabat bank sentral mengisyaratkan adanya potensi pemangkasan lebih lanjut pada jumlah uang tunai yang harus disimpan oleh bank-bank sebagai cadangan.

Mereka juga telah mempercepat pengeluaran pemerintah pusat untuk mendukung investasi infrastruktur dan berjanji untuk menyediakan dana untuk mendorong konsumen dan bisnis untuk mengganti barang-barang lama, termasuk mobil dan peralatan rumah tangga.

Presiden China Xi Jinping mengakui tantangan-tantangan yang dihadapi ekonomi domestik dalam pertemuan hari Rabu dengan sekelompok pemimpin bisnis AS di Beijing, tetapi menyatakan keyakinannya untuk mengatasinya.

Pertemuan dengan para eksekutif termasuk Stephen Schwarzman dari Blackstone Inc dan Cristiano Amon dari Qualcomm Inc merupakan bagian dari upaya para pejabat untuk memulihkan kepercayaan investor asing terhadap raksasa Asia ini karena investasi masuk yang melambat.

(bbn)

No more pages