Logo Bloomberg Technoz

SK Alokasi Tambahan Pupuk Subsidi Keluar Senilai Rp28 Triliun

Pramesti Regita Cindy
29 March 2024 13:45

Menteri Pertanian Amran Sulaiman. (Dok: Ditjen PKH.Pertanian.go.id)
Menteri Pertanian Amran Sulaiman. (Dok: Ditjen PKH.Pertanian.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp28 triliun.

Pupuk tersebut diserahkan usai meninjau penanaman padi di Desa Papalang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Sehingga total anggaran pupuk subsidi kini mencapai Rp54 triliun. 

Penambahan ini kata Amran merupakan tindak lanjut hasil dari berbagai pertemuan dan rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo dan juga para Menteri, termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani. Sehingga didapati dengan penambahan anggaran ini, alokasi pupuk mencapai 9,55 juta ton, dan resmi diputuskan melalui surat menteri keuangan nomor S-297/MK.02.2024.

"Kabar baik ini yang ditunggu-tunggu petani Indonesia karena ini bagian dari tonggak sejarah kembalinya kebutuhan petani yaitu pupuk. Alhamdulillah tadi pagi [kemarin] saya sudah tanda tangan," kata Amran seperti dalam keterangan yang diterima, dikutip Jumat (29/3/2024).

Amran meyakini bahwa dengan penambahan ini dapat meningkatkan produksi dalam negeri guna mewujudkan Indonesia mampu swasembada pangan. Oleh karena itu, ia juga turut meminta penguatan pengawalan distribusi tambahan pupuk bersubsidi baik di kios dan distributor kepada Polisi, TNI, hingga Bupati.