Logo Bloomberg Technoz

Rekonstruksi Jembatan Baltimore Diperkirakan Capai Rp31 T

News
29 March 2024 06:00

Kapal kontainer Dali usai menabrak Jembatan Francis Scott Key di sungai Patapsco di Baltimore, Maryland, AS, Selasa (26/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)
Kapal kontainer Dali usai menabrak Jembatan Francis Scott Key di sungai Patapsco di Baltimore, Maryland, AS, Selasa (26/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)

Nacha Cattan - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan penyelamat yang turut serta mengatasi tumpahan minyak Deepwater Horizon dan pembongkaran sebagian Jembatan Tappan Zee New York kini menuju Baltimore sebagai langkah awal menuju proyek pembangunan kembali jembatan Francis Scott Key yang diperkirakan bernilai lebih dari US$2 miliar (Rp31 triliun).

Wakil Laksamana Penjaga Pantai AS Peter Gautier mengatakan Resolve Marine telah mulai memobilisasi sumber daya untuk mengapungkan dan memindahkan kapal yang menabrak Jembatan Francis Scott Key. Kecelakaan tersebut merobohkan jembatan, menewaskan enam orang, dan menutup Pelabuhan Baltimore. Hal ini mengancam rantai pasokan global dan mata pencaharian ribuan pekerja.

Menurut sumber, pejabat federal memberi tahu anggota parlemen Maryland bahwa penggantian jembatan sepanjang 2,6 kilometer itu akan menelan biaya setidaknya US$2 miliar termasuk pembersihan.

"Sesuai arahan presiden untuk segera mengoperasikan kembali pelabuhan, prioritas tertinggi Penjaga Pantai saat ini adalah memulihkan jalur air untuk pengiriman, menstabilkan kapal motor Dali dan memindahkannya," kata Gautier pada jumpa pers di Gedung Putih, Rabu (27/03/2024).