Logo Bloomberg Technoz

Pasukan Rusia semakin banyak menggunakan bom kendali yang dijatuhkan dari jet tempur untuk menyerang Ukraina di sepanjang garis depan, secara efektif melenyapkan bagian-bagian kota seperti Avdiivka, yang direbut militer Kremlin tahun ini, untuk melemahkan pertahanan.

Pada tahap awal invasi yang dilancarkan pada Februari 2022, pasukan Kremlin mendekati Kharkiv, tetapi tidak dapat merebutnya. Kota itu, yang populasi sebelum perang lebih dari 1 juta, masih menghadapi kekurangan air, pemanas, dan listrik pada awal minggu ini setelah diserang rentetan rudal pada Jumat.

Setelah serangkaian rentetan rudal besar-besaran pekan lalu, militer Presiden Rusia Vladimir Putin beralih ke serangan yang lebih terarah dengan rudal balistik, yang lebih sulit untuk ditembak jatuh. Senjata presisi yang digunakan di Kharkiv adalah bom jatuh bebas yang dikonversi dengan sistem panduan dan perangkat luncur, yang berfungsi dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada produksi rudal.

Sebelumnya pada Rabu, pihak berwenang Rusia menargetkan kota Mykolaiv di selatan dalam serangan rudal, menyelidiki kemampuan negara itu untuk menjatuhkan target balistik berkecepatan tinggi. Setidaknya enam orang terluka dalam serangan di kota dekat Laut Hitam itu, kata gubernur regional Vitaliy Kim di Telegram.

Pada Senin, Kyiv diserang dengan dua rudal balistik yang serpihannya menimbulkan kerusakan signifikan, meskipun sistem pertahanan udara mampu mencegatnya. Mykolaiv, kota delta Sungai Dnipro, telah menjadi target serangan rutin Rusia sejak dimulainya invasi pada 2022.

(bbn)

No more pages