Logo Bloomberg Technoz

Sebelum tabrakan terjadi, awak kapal Dali yang berbendea Singapura telah mengeluarkan peringatan mayday. Hal ini memungkinkan pihak berwenang untuk menghentikan arus kendaraan baru ke jembatan, dan mengurangi korban jiwa.

Kapal kontainer Dali usai menabrak Jembatan Francis Scott Key di sungai Patapsco di Baltimore, Maryland, AS, Selasa (26/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)

"Keputusan tersebut menyelamatkan banyak nyawa," kata Gubernur Maryland, Wes Moore.

Pada pukul 01.28 dini hari, kapal Dali menabrak jembatan. Hanya dalam 40 detik saja, jembatan tersebut runtuh sepenuhnya.

Runtuhnya jembatan akan menyebabkan gangguan transportasi selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan di wilayah Mid-Atlantik dan membuat pergeseran Kargo ke Pantai Barat AS. Kendaraan yang membawa bahan berbahaya tertentu dialihkan sepanjang jalan di seitar bagian barat Baltimore Beltway karena mereka tidak diizinkan masuk ke terowongan pelabuhan.

Janji Biden

Presiden Joe Biden mengatakan pemerintah AS harus mengeluarkan biaya untuk membangun kembali jembatan utama di Baltimore yang runtuh pada Selasa (26/03/2024). Dia meminta Kongres untuk menyetujui dana tersebut.

Biden mengatakan dia memerintahkan pihak berwenang untuk "menggerakkan segala daya" untuk membuka kembali pelabuhan Baltimore secepat mungkin. Dia menambahkan, badan-badan federal sedang membantu upaya pencarian dan penyelamatan di sekitar Jembatan Francis Scott Key. Semua informasi "menunjukkan ini adalah kecelakaan yang mengerikan" dan bukan "tindakan yang disengaja," tambah Biden.

"Saya bermaksud agar pemerintah federal membayar seluruh biaya untuk membangun kembali jembatan itu, dan saya berharap Kongres mendukung upaya saya," kata Biden kepada wartawan pada Selasa di Gedung Putih.

(del)

No more pages