Logo Bloomberg Technoz

Chief Executive Officer Exxon Mobil Darren Woods mengatakan perusahaannya telah “menjamin hak eksklusif atas penyimpanan CO2” di Indonesia dan Malaysia.

“Masalah berskala dunia seperti perubahan iklim memerlukan perusahaan berskala dunia untuk membantu menyelesaikannya,” katanya kepada para pemimpin bisnis pada pertemuan puncak di San Francisco pada November.

Shell telah menandatangani perjanjian untuk memperluas kemungkinan lokasi dengan perusahaan minyak nasional Malaysia, Petronas. Chevron sedang mempelajari sebuah proyek di Indonesia. Sementara itu, TotalEnergies SE Perancis secara aktif mengeksplorasi potensi penyimpanan di wilayah tersebut.

Pemerintah Indonesia pun bulan lalu sudah mengeluarkan keputusan presiden tentang kemungkinan insentif bagi operator penyimpanan CO2. Skema serupa sedang dilakukan di Eropa dan Australia.

“Ada persaingan,” kata Lein Mann Bergsmark, kepala penelitian penangkapan, pemanfaatan dan penyimpanan karbon (CCUS) yang berbasis di Norwegia untuk kelompok konsultan Rystad Energy. “Makin banyak perusahaan minyak dan gas yang mendedikasikan upayanya untuk memperoleh ruang pori atau hak untuk menyimpan CO2 di seluruh dunia.”

Penyimpanan adalah langkah terakhir dalam proses yang dikenal sebagai penangkapan dan penyimpanan karbon (CCS), sebuah teknologi yang dirancang untuk menyedot CO2 dari atmosfer dan menguburnya di bawah tanah selamanya, yang secara teori menetralkan dampaknya terhadap perubahan iklim.

Bagi perusahaan-perusahaan minyak, penerapan CCS secara luas merupakan sebuah penyelamat, meskipun tidak terlalu besar: Hal ini berarti mereka dapat mempertahankan hingga 20% dari permintaan minyak dan gas saat ini hingga 2050 tanpa mendorong pemanasan global melampaui tingkat yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris, menurut Perjanjian Paris, kata Badan Energi Internasional.

Tanpa hal ini, konsumsi akan makin turun. Hal ini juga memberikan sumber pendapatan baru, karena perusahaan dapat menyewakan ruang penyimpanan dengan biaya tertentu.

Potensi carbon capture storage (CCS)./dok. Bloomberg


Saat ini, terdapat kesenjangan besar antara jumlah CO2 yang perlu ditangkap dan ruang penyimpanan yang tersedia.

Untuk mencapai tujuan iklim global, lebih dari 1 miliar ton CO2 perlu disedot dan dikubur setiap tahun pada akhir dekade ini, menurut IEA. Namun, saat ini hanya 4% dari kapasitas tersebut yang tersedia di beberapa lusin situs komersial secara global.

Salah satu permasalahannya adalah perekonomian. Dalam skala besar, dibutuhkan biaya lebih dari US$1.000 untuk menangkap dan mengubur satu ton CO2, tergantung pada sumber gasnya.

Tanpa adanya harga yang tinggi untuk emisi karbon, perusahaan-perusahaan minyak belum mampu membuat proyek penangkapan dan penyimpanan yang berbiaya lebih rendah menjadi layak secara finansial.

Lalu ada politik. Di AS, penolakan keras dari para pemerhati lingkungan dan penduduk lokal telah menunda perizinan dan pembangunan sumur penyimpanan.

Dalam dengar pendapat publik musim panas lalu, puluhan orang berargumen bahwa regulator di negara bagian tidak memiliki kemampuan untuk mengawasi sumur injeksi, dan memperingatkan risiko lemahnya pengawasan dan pecahnya sumur.

Geologi juga merupakan kendala. Ada dua jenis ruang bawah tanah yang dapat diisi dengan karbon dioksida – formasi batuan dalam dan permeabel yang disebut akuifer garam, dan sumur minyak dan gas tua yang sudah habis – dan hal tersebut tidak ada di mana-mana.

Di Asia, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan Singapura adalah penghasil emisi terbesar, tetapi mereka tidak memiliki karakteristik lapisan tanah yang cukup untuk menyerap CO2 secara permanen, yang berarti mereka harus mengekspornya ke tempat lain di wilayah tersebut untuk ditimbun, kata para analis.

Singapura baru-baru ini menunjuk Exxon dan Shell untuk membantunya menjangkau lokasi di luar negeri. Sementara itu, Indonesia dan Malaysia telah ditetapkan sebagai tempat penyimpanan yang cocok – sebuah rencana yang sejauh ini telah didukung oleh kedua pemerintah.

Kilang PT Pertamina Balongan di Indramayu, Indonesia. Fotografer: Dimas Ardian/Bloomberg


Penghasil emisi regional yang besar “datang dan temui kami,” kata Emry Hisham Yusoff, kepala divisi pengelolaan karbon di Petronas. “Yang mereka inginkan adalah jaminan bahwa ada tempat penyimpanan.

Kedua negara tentu saja mempunyai emisi masing-masing yang harus ditangkap dan dikuburkan, sebuah tantangan yang mendorong Jakarta untuk menyatakan bahwa 70% dari potensi penyimpanan emisi di Indonesia akan dicadangkan untuk emisi dalam negeri.

“Anda bisa menganggap Korea atau Jepang sebagai pasar besar yang mencari tempat untuk menghasilkan emisi,” kata Chris Stavinoha, general manager Chevron untuk solusi CCUS di kawasan Asia-Pasifik dan Timur Tengah.

Perusahaan mengantisipasi “kepentingan yang signifikan” terhadap terbatasnya ruang yang tersedia, khususnya di Asia Tenggara, katanya.

Rystad memperkirakan bahwa pengangkutan dan penyimpanan CO2 di Asia Tenggara dapat menghasilkan pendapatan tahunan sekitar $16 miliar pada tahun 2050, meskipun hal ini bergantung pada seberapa banyak wilayah tersebut dapat menyerapnya, dan proyeksinya sangat bervariasi.

Exxon menandatangani perjanjian tahun lalu dengan perusahaan minyak nasional Indonesia, Pertamina, untuk mengembangkan fasilitas penyimpanan senilai US$2,5 miliar. TotalEnergies menginvestasikan sekitar $100 juta per tahun dalam pengembangan CCS global, sebuah angka yang mungkin meningkat tiga kali lipat pada akhir dekade ini, kata Etienne Anglès d’Auriac, wakil presiden CCS perusahaan tersebut.

Bagi beberapa analis, penekanan pada penyimpanan tidak tepat mengingat kondisi penangkapan karbon saat ini. Beberapa upaya terbesar dan tercanggih mengalami kesulitan atau gagal total.

Jika penangkapan berhasil, maka masih sedikit kapal yang tersedia untuk mengangkut CO2. Lokasi penyimpanan yang cocok jarang ditemukan dan memerlukan waktu bertahun-tahun untuk diidentifikasi. Meski begitu, sejarah menunjukkan bahwa mereka jauh dari dapat diandalkan.

Ada kemungkinan jumlah CO2 yang ditangkap tidak cukup untuk mengisi seluruh sumur, kata Mhairidh Evans, kepala penelitian CCUS di konsultan energi Wood Mackenzie.

“Salah satu narasinya adalah adanya kesenjangan yang besar dalam hal penyimpanan, sedangkan pendapat kami adalah adanya kesenjangan dalam hal penangkapan,” katanya.

Perusahaan-perusahaan minyak besar “melihat hal ini sebagai evolusi alami dalam bisnis mereka, sebagai peluang menghasilkan pendapatan, namun yang lebih suram adalah banyaknya industri yang harus benar-benar ikut serta dan memanfaatkan CO2 tersebut.”

Untuk mendorong pasar, perusahaan minyak bersandar pada pemerintah untuk mempercepat izin penyimpanan dan mensubsidi biaya pengembangan lokasi tersebut. Exxon, Chevron, Shell dan TotalEnergies mengatakan kepada Bloomberg bahwa mereka bekerja sama dengan pemerintah masing-masing untuk membantu membentuk peraturan yang mengatur sektor ini.

Beberapa hari sebelum pemilu bulan lalu di Indonesia, pemerintah mengeluarkan keputusan presiden yang menawarkan insentif finansial kepada perusahaan yang ingin membangun fasilitas penyimpanan karbon impor. Perusahaan bisa mengajukan izin yang masa berlakunya hingga 30 tahun. Berapa banyak pajak dan royalti yang akan dihasilkan proyek tersebut masih dalam diskusi, kata juru bicara pemerintah.

Sementara itu, Malaysia tidak memiliki undang-undang yang jelas untuk mengimpor CO2, kata Emry dari Petronas, yang sedang berupaya mengembangkan tiga pusat penyimpanan yang mampu menyimpan hingga 15 juta ton CO2 per tahun pada 2030. “Ada banyak dorongan ” untuk mempercepat hal ini, katanya. “Kami mencoba belajar satu sama lain di sini.”

Kementerian Perekonomian sedang melakukan “studi komprehensif” mengenai pengembangan CCUS dan Malaysia berencana untuk memiliki rancangan undang-undang tentang impor dan penyimpanan CO2 pada kuartal pertama tahun 2025, kata juru bicara kementerian kepada Bloomberg.

Negara ini berharap memiliki lebih banyak ruang penyimpanan daripada yang dibutuhkannya dan menyewakannya kepada pihak lain akan mengurangi kebutuhan akan subsidi pemerintah.

“Jika Anda ingin mencoba dan membangun model bisnis yang didukung oleh kerangka peraturan yang mendukung CCS, maka kedua belah pihak harus benar-benar mulai melakukan pembicaraan,” kata Yu Li P'ing, General Manager CCS untuk Asia-Pasifik di Shell.

“Kemitraan antara industri dan pemerintah telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Momentumnya telah berkembang dan terus berkembang.”

(bbn)

No more pages