Logo Bloomberg Technoz

Hasil Lelang SUN di Bawah Target, Kemenkeu Ungkap Penyebabnya

Dovana Hasiana
27 March 2024 12:25

Karyawan menghitung uang rupiah di salah satu bank di Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan menghitung uang rupiah di salah satu bank di Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kemarin, Kementerian Keuangan menggelar lelang Surat Utang Negara (SUN). Nominal yang dimenangkan berada di bawah target indikatif.

Terdapat 7 seri yang dilelang dengan target indikatif Rp 24 triliun dan bisa dinaikkan menjadi Rp 36 triliun. Total penawaran yang masuk tercatat Rp 32,34 triliun dan yang dimenangkan adalah Rp 22,6 triliun.

Jumlah itu berada di bawah target indikatif  Rp 24 triliun yang bisa dinaikkan menjadi Rp 36 triliun.

Deni Ridwan, Direktur Surat Utang Negara Kementerian Keuangan, menjelaskan faktor yang melatarbelakangi hal tersebut. Ini berkaitan dengan peningkatan kebutuhan dana tunai jelang Hari Raya Idul Fitri.

“Di tengah meningkatnya kebutuhan dana tunai oleh masyarakat menjelang hari raya lebaran, lelang SUN berhasil mengumpulkan incoming bids sebesar Rp 32,34 triliun. Walaupun lebih rendah dari lelang sebelumnya, tetapi angka tersebut masih 1,35 kali lebih tinggi dari target indikatif yang telah diumumkan,” jelas Deni dalam keterangan tertulis yang dikutip Rabu (27/3/2024)..