Logo Bloomberg Technoz

Semarak, Permintaan Lelang Sukuk Melonjak 23,51%

Tim Riset Bloomberg Technoz
19 March 2024 16:25

Ilustrasi pasar obligasi (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pasar obligasi (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lelang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) alias sukuk yang digelar hari ini mendapatkan animo cukup hangat dari pelaku pasar di tengah sentimen pasar global yang masih cenderung tertekan menanti keputusan bunga The Fed esok hari.

Nilai permintaan yang masuk (incoming bids) dalam lelang sukuk hari ini mencapai Rp21,06 triliun, naik 23,51% dibandingkan animo dalam lelang sukuk sebelumnya yang sebesar Rp17,05 triliun. Kenaikan permintaan itu juga lebih tinggi dibandingkan lelang SUN pekan lalu yang hanya meningkat 3,6%.

Kenaikan permintaan dalam lelang sukuk yang lebih tinggi hari ini juga berlangsung ketika tekanan di pasar surat utang domestik relatif lebih ringan bahkan ketika rupiah melemah akibat terseret sentimen keputusan bank sentral Jepang (BoJ) yang mengakhiri rezim bunga negatif.

Investor terlihat memburu sukuk seri pendek dan tenor lebih panjang. Sementara seri menengah panjang tidak terlalu diminati.

Seri PBS032 yang jatuh tempo tahun 2026 menjadi seri favorit peserta lelang dengan membukukan permintaan masuk hingga Rp6,92 triliun, naik dibanding lelang sebelumnya di mana seri ini juga menjadi favorit.