Logo Bloomberg Technoz

BSSN Ungkap Cara Atasi Modus Bobol Rekening via Whatsapp

Redaksi
28 April 2024 20:00

WhatsApp. (Dok: Bloomberg)
WhatsApp. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) membagikan cara dan ciri-ciri modus pembobolan rekening melalui Whatsapp yang kini sedang ramai diperbincangkan publik.

Menurut BSSN, tujuan dari pembobol melakukan tindakan modus tersebut untuk memperoleh sejumlah informasi pribadi. Seperti kata sandi dan nomor kartu kredit dengan cara mengarahkan pengguna ke situs palsu melalui aplikasi komunikasi Whatsapp.

"Tujuan dari penyerangan ini adalah untuk memperoleh informasi pribadi, seperti kata sandi atau nomor kartu kredit, dengan mengarahkan nasabah ke situs palsu yang tampak sah," kata BSSN melalui laman resminya.

Penipu kerap berpura-pura menyamar sebagai pegawai dari salah satu bank untuk meyakinkan para pengguna dapat diarahkan hingga membocorkan informasi pribadi yang diperlukan oleh penipu.

Tidak hanya melalui pesan Whatsapp, tidak jarang juga penipu menggunakan metode lain seperti email yang berisi link alternatif yang diarahkan ke situs web yang sudah diatur sebagaimana rupa agar nasabah membocorkan data-data penting yang diperlukan oleh penipu.