Logo Bloomberg Technoz

China Gunakan Pengumuman Data Kejutan untuk Atasi Ekonomi

News
25 March 2024 09:00

Perubahan mode operasi menandakan para pejabat sedang meningkatkan upaya untuk meningkatkan kepercayaan terhadap perekonomian China. (Dok: Bloomberg)
Perubahan mode operasi menandakan para pejabat sedang meningkatkan upaya untuk meningkatkan kepercayaan terhadap perekonomian China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Para pejabat China telah memulai jenis stimulus baru yang murah: Membuat pengungkapan awal tentang berita ekonomi yang bagus yang dapat mengangkat pasar dan membantu membentuk narasi positif tentang perlambatan negara mereka.

Contoh terbaru datang pada Kamis, ketika Wakil Menteri Keuangan Liao Min menyoroti titik-titik terang dalam data anggaran pada sebuah konferensi pers di Beijing. Komentarnya mengalahkan laporan bulanan yang biasanya memberikan informasi tersebut, tanpa komentar, selama satu jam.

"Kami yakin ini akan berdampak positif dalam memfasilitasi pemulihan ekonomi," ujar Liao, menyoroti eksekusi tercepat dari pengeluaran anggaran untuk Januari dan Februari dalam hampir lima tahun terakhir. Ia meremehkan angka-angka yang kurang menggembirakan yang mungkin menarik perhatian para investor, dengan menjelaskan bahwa penurunan pendapatan terdistorsi oleh efek-efek dasar.

Perdana Menteri Li Qiang memulai tren ini pada Januari dengan memberikan konfirmasi awal bahwa China telah mencapai target pertumbuhan 2023 di sebuah forum besar di Swiss. Pernyataannya ini muncul satu hari sebelum angka-angka resmi dirilis, dan memungkinkan pemimpin nomor dua di China ini untuk memuji kemampuan Beijing untuk mencapai target tersebut tanpa menggunakan stimulus besar.