Logo Bloomberg Technoz

Ini adalah serangan besar ketiga Rusia terhadap Ukraina dalam empat hari terakhir. Serangan pada Kamis lalu berpusat di Kyiv, dan serangan pada hari Jumat menargetkan fasilitas energi negara tersebut. Meskipun pasukan Ukraina terus menghalau serangan di sepanjang garis depan sepanjang 1.200 kilometer (746 mil), mereka juga menyerang sasaran di wilayah yang dikuasai Moskwa.

Sevastopol, markas armada Laut Hitam Rusia di Krimea yang dianeksasi, mengalami salah satu serangan rudal terberat dari Ukraina sejak perang dimulai, kata Gubernur kota yang dipimpin Kremlin, Mikail Razvozhayev, melalui Telegram.

Satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka akibat terkena puing-puing ketika pertahanan udara Rusia menjatuhkan sedikitnya 10 rudal.

Meskipun para pejabat Ukraina sejauh ini belum memberikan komentar langsung mengenai serangan terhadap Sevastopol, Komandan Angkatan Udara negara itu Mykola Oleshchuk mengucapkan terima kasih kepada pilot dan angkatan laut negara tersebut dalam pernyataan Telegram pada Jumat setelah adanya laporan ledakan di semenanjung yang dikuasai Rusia.

“Krimea adalah milik kita! Bersama-sama – menuju kemenangan!” dia berkata.

Wilayah Belgorod Rusia, yang berbatasan dengan Ukraina, juga diserang, dengan 10 rudal jatuh, dua orang terluka dan beberapa rumah rusak, kata Gubernur Vyachelsv Gladkov melalui Telegram.

(bbn)

No more pages