Logo Bloomberg Technoz

Prabowo Jadi Presiden, Penambang Minta Kemudahan Perizinan

Dovana Hasiana
21 March 2024 10:00

Tambang nikel di Kaledonia Baru./dok. Bloomberg
Tambang nikel di Kaledonia Baru./dok. Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - Asosiasi Pertambangan Indonesia atau Indonesian Mining Association (IMA) berharap Prabowo Subianto yang terpilih sebagai presiden periode 2024—2029 bisa memfungsikan kementerian teknis yang berkaitan dengan pertambangan dengan baik, sehingga kemudahan perizinan dan berusaha bisa tercapai.

Dalam kaitan itu, IMA juga berharap agar rantai birokrasi perizinan tambang di Indonesia bisa dipersingkat melalui peningkatan koordinasi dan sinergi antar kementerian/lembaga.

“Kementerian teknis difungsikan dengan baik, sehingga tercapai kemudahan perizinan,” ujar Direktur Eksekutif Indonesian Mining Association Djoko Widajatno saat dihubungi Bloomberg Technoz, Kamis (21/3/2024).

Selain itu, Djoko berharap terdapat kepastian berusaha dan konsistensi hukum di Indonesia agar program hilirisasi bisa berjalan dengan baik. 

Sebuah truk di tambang nikel terbuka Tim King Pit Wilayah Barat NL di Spotted Quoll, di Forrestania, Australia Barat./Bloomberg-Ron D'Raine


Djoko juga berharap adanya peningkatan pengembalian aset atau return on asset (ROA) sebesar 1,02%. Hal ini dilakukan agar sumber daya alam (SDA) bisa menyejahterakan rakyat sesuai dengan amanat undang-undang.