Logo Bloomberg Technoz

Brasil Pangkas Suku Bunga Setengah Poin

News
21 March 2024 08:20

Orang belanja di ritel modern (Dok: Bloomberg)
Orang belanja di ritel modern (Dok: Bloomberg)

Maria Eloisa Capurro - Bloomberg News

Bloomberg, Bank sentral Brasil menurunkan suku bunganya sebesar setengah poin dan menjanjikan penurunan lain dengan ukuran yang sama hanya untuk pertemuan berikutnya, membuka peluang penurunan yang lebih kecil mulai Juni di tengah tekanan inflasi yang mendasarinya.

Bank memangkas suku bunga acuan Selic menjadi 10,75% pada Rabu, seperti yang diharapkan oleh semua analis dalam survei Bloomberg dan sejalan dengan panduan sebelumnya. Dalam sebuah pernyataan, para anggota dewan menulis bahwa ukuran inflasi inti tetap berada di atas target, menegaskan kembali bahwa kebijakan moneter membutuhkan "ketenangan dan moderasi."

"Karena ketidakpastian yang meningkat dan kebutuhan akan fleksibilitas yang lebih besar dalam pelaksanaan kebijakan moneter, para anggota Komite dengan suara bulat memutuskan untuk mengomunikasikan bahwa, jika skenario berkembang seperti yang diharapkan, mereka mengantisipasi penurunan dengan besaran yang sama pada pertemuan berikutnya," tulis para pembuat kebijakan.

Prices of services in Brazil (Dok: Bloomberg)

Para gubernur bank sentral yang dipimpin oleh Roberto Campos Neto secara bertahap melonggarkan kebijakan moneter setelah berjuang melawan lonjakan harga pascapandemi dengan tingkat tertinggi dalam enam tahun terakhir. Inflasi tahunan berada di puncak kisaran toleransi, tidak menunjukkan tanda-tanda akan mencapai target 3% dalam waktu dekat.