Logo Bloomberg Technoz

Fed Tetap di Jalur Pemangkasan Suku Bunga, Tertuju pada Inflasi

News
21 March 2024 07:10

Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)
Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)

Steve Matthews - Bloomberg News

Bloomberg, Para pembuat kebijakan Federal Reserve sebagian besar tetap berpegang pada jalur pemangkasan suku bunga--untuk saat ini--setelah mengalami guncangan di jalan menuju inflasi yang rendah dan stabil.

Kenaikan inflasi bulanan baru-baru ini tidak mengubah pesan Gubernur Fed Jerome Powell pada Rabu bahwa tekanan harga akan terus mereda atau kemungkinan akan tepat untuk menurunkan suku bunga pada suatu saat di tahun ini. Dan mayoritas pejabat bank sentral AS mengisyaratkan bahwa mereka masih memperkirakan akan menurunkan suku bunga tiga kali pada tahun 2024.

Berbicara setelah pertemuan kebijakan dua hari The Fed di Washington, Powell juga mengatakan akan tepat untuk memperlambat laju di mana The Fed mengurangi kepemilikan obligasi "segera."

Namun, hampir setengah dari pejabat Fed lebih memilih dua atau lebih sedikit penurunan suku bunga pada tahun 2024, menurut proyeksi ekonomi mereka yang diperbarui, dan jelas para pembuat kebijakan membutuhkan lebih banyak data yang mengonfirmasi tren inflasi yang menurun sebelum menurunkan biaya pinjaman.