Logo Bloomberg Technoz

Hal yang memperumit masalah ini adalah kenaikan harga makanan, serta seruan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva untuk meningkatkan belanja publik dalam ekonomi yang baru-baru ini menunjukkan tanda-tanda ketahanan baru.

"Mereka telah memilih untuk sangat berhati-hati," kata Brendan McKenna, seorang ekonom pasar negara berkembang dan ahli strategi mata uang di Wells Fargo. "Banyak ketidakpastian yang terkait dengan jalur fiskal dan evolusi pengeluaran pemerintah dapat memengaruhi apakah akan menaikkan suku bunga sebesar 50bps, 25bps, atau bahkan mengakhiri pelonggaran sama sekali."

Keputusan Brasil diambil setelah Federal Reserve mempertahankan biaya pinjamannya tidak berubah untuk pertemuan kelima berturut-turut dan juga mempertahankan pandangannya untuk penurunan suku bunga sebanyak tiga seperempat poin tahun ini.

Perhatian

Dalam pernyataannya, para pembuat kebijakan Brasil menulis bahwa prospek global masih bergejolak, dengan perdebatan di banyak negara mengenai seberapa cepat inflasi akan melambat. "Komite menilai bahwa lingkungan terus membutuhkan kehati-hatian dari negara-negara berkembang," tulis mereka.

Apa yang dikatakan oleh Bloomberg Economics

"Kami pikir nada yang lebih hawkish dari pernyataan pasca-pertemuan dan ketidakjelasan tentang tingkat siklus akan memicu perdebatan pasar tentang suku bunga acuan BCB. Pernyataan dan panduan ke depan mendukung seruan kami untuk pemangkasan 50 basis poin di Mei dan pengurangan yang lebih kecil mulai Juni. Kami melihat suku bunga kebijakan akan turun menjadi 9% pada akhir tahun ini."

- Adriana Dupita, ekonom Brasil dan Argentina

Para anggota dewan menegaskan kembali bahwa suku bunga lokal harus tetap dibatasi hingga ekspektasi harga konsumen berada di sekitar target.

Bank sentral melihat inflasi tahunan sebesar 3,5% di Desember dan 3,2% di akhir tahun depan, tidak berubah dari perkiraan sebelumnya di Januari. Inflasi tahunan saat ini berada pada 4,5%.

Memang, harga-harga bahan pokok termasuk beras dan kacang-kacangan melonjak, membuat para anggota pemerintahan Lula khawatir akan kemampuan presiden untuk memenuhi janji kampanyenya untuk meningkatkan standar hidup bagi semua orang Brasil.

Para investor khawatir bahwa pemerintah dapat merespons dengan lebih banyak pengeluaran, memaksa para pembuat kebijakan untuk menghentikan penurunan suku bunga lebih cepat dari yang diharapkan dan melemahkan dorongan Menteri Keuangan Fernando Haddad untuk memperkuat rekening publik. Dalam pernyataan tersebut, para gubernur bank sentral menegaskan kembali perlunya "dengan tegas mengejar" target-target fiskal yang telah ditetapkan.

Autopilot

Yang pasti, para pembuat kebijakan tidak memberikan indikasi yang jelas mengenai seberapa jauh mereka akan menurunkan biaya pinjaman. Beberapa analis menunjukkan bahwa bank sentral dapat memiliki opsi untuk memotong suku bunga sebesar setengah poin setelah Mei, meskipun mereka tidak secara eksplisit berkomitmen untuk melakukannya sekarang.

"Bank sentral bersikap hati-hati karena tren inflasi baru-baru ini, dan tidak ingin terus membuat komitmen dalam jangka waktu yang lebih lama," kata Natalie Victal, kepala ekonom di SulAmerica Investimentos.

Namun, data terbaru mengindikasikan pertumbuhan bertahan di tengah kebijakan moneter yang ketat. Para analis telah menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi 2024 mendekati 2%, dan penjualan ritel serta penciptaan lapangan kerja formal melonjak di Januari, sehingga menambah urgensi perdebatan para pembuat kebijakan tentang apakah upah yang lebih tinggi dapat menghidupkan kembali inflasi.

"Komite kebijakan moneter akan mematikan autopilot," kata Alberto Ramos, kepala ekonom Amerika Latin di Goldman Sachs Group Inc. "Selain memberi sinyal pemangkasan setengah poin lagi di Mei, hal ini mempersiapkan pasar untuk kalibrasi yang lebih terbuka dan bergantung pada data dalam pergerakan kebijakan moneter berikutnya."

(bbn)

No more pages