Logo Bloomberg Technoz

Perbedaan Pesawat Boeing dan Airbus, Ini 5 Tanda Mencoloknya

Redaksi
21 March 2024 06:30

Boeing 777-9, varian dari 777X terbang di Paris Air Show di Le Bourget, Paris, Prancis, Senin (19/6/2023). (Benjamin Girette/Bloomberg)
Boeing 777-9, varian dari 777X terbang di Paris Air Show di Le Bourget, Paris, Prancis, Senin (19/6/2023). (Benjamin Girette/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta -Pesawat berbadan lebar telah menjadi tulang punggung dalam industri penerbangan komersial global. Namun, bagi kebanyakan penumpang, membedakan antara pesawat Boeing dan Airbus mungkin tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apakah hanya namanya yang membedakannya, atau ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan?

Boeing dan Airbus—dua raksasa yang menaungi langit-langit penerbangan dunia. Yang satu berbasis di Amerika Serikat, yang lainnya mengibarkan bendera Eropa. Namun, di balik perbedaan geografis ini, ada lebih dari sekadar nama yang memisahkan keduanya.

Sebelum membahas lebih jauh, simak terlebih dahulu sejarah singkat keduanya melalui uraian di bawah ini.

Sejarah Singkat Airbus dan Boeing

Menurut informasi yang diambil dari Jurnal Perhubungan Udara: Persaingan Airbus dan Boeing di Industri Jasa Angkutan Udara Indonesia oleh Minda Mora, Airbus merupakan produsen pesawat komersial yang berbasis di Tolouse, Prancis.

Didirikan pada tahun 1969, pesawat Airbus dirancang oleh negara-negara Eropa sebagai upaya untuk bersaing dengan produsen pesawat besar asal Amerika Serikat, seperti Mc. Donnel Douglas, Lockheed Marting, dan Boeing.