Logo Bloomberg Technoz

Houthi Serang Kapal Tanker di Laut Merah Pakai Sejumlah Rudal

Redaksi
20 March 2024 17:30

Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)
Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Houthi Yaman menargetkan sebuah kapal tanker bahan bakar, MADO, di Laut Merah dengan rudal angkatan laut dan wilayah pelabuhan dan resor Eilat di Israel dengan rudal bersayap, kata juru bicara militer kelompok tersebut, Yahya Sarea pada Selasa.

Melansir Reuters, Rabu (20/3/2024), MADO adalah kapal tanker gas alam cair (LPG) berbendera Kepulauan Marshall yang sedang menuju ke Singapura dari Arab Saudi, demikian ditunjukkan oleh pelacak pelayaran maritim.

Houthi menggambarkannya sebagai kapal Amerika, tetapi database pengiriman Equasis menunjukkan bahwa kapal tersebut dimiliki oleh Naftomar Shipping & Trading Co Ltd dari Yunani. Naftomar tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Militan Houthi yang bersekutu dengan Iran telah berulang kali meluncurkan pesawat tak berawak (drone) dan rudal ke arah pelayaran komersial internasional di wilayah Laut Merah sejak pertengahan November, dengan alasan bahwa mereka bertindak sebagai bentuk solidaritas dengan warga Palestina terhadap serangan militer Israel di Gaza.

Serangan-serangan tersebut telah mengganggu pelayaran global, memaksa perusahaan-perusahaan untuk menempuh perjalanan yang lebih lama dan lebih mahal di sekitar Afrika bagian selatan.