Logo Bloomberg Technoz

Parlemen AS Sepakat Danai Pemerintahan Biden hingga 30 September

News
19 March 2024 15:00

Gedung putih Amerika Serikat.(dok Bloomberg)
Gedung putih Amerika Serikat.(dok Bloomberg)

Erik Wasson, Ellen M Gilmer, dan Jack Fitzpatrick - Bloomberg News

Bloomberg, Para pemimpin Kongres dan Gedung Putih mencapai kesepakatan jabat tangan untuk mendanai pemerintah AS hingga 30 September, menurut orang-orang yang mengetahui perundingan tersebut, setelah enam bulan bentrokan ideologis yang sengit menunda penyelesaian rencana pengeluaran tahunan.

Para anggota parlemen sekarang akan berlomba untuk meloloskan kesepakatan tersebut sebelum tenggat waktu Jumat tengah malam untuk penutupan sebagian pemerintah. Tugas pertama adalah menuangkan kesepakatan itu secara tertulis, yang bisa memakan waktu beberapa hari.

Konsensus ini dicapai pada Senin malam setelah pendanaan untuk Departemen Keamanan Dalam Negeri--hambatan terakhir dalam perundingan selama berminggu-minggu--diselesaikan. Para negosiator Gedung Putih dan Partai Republik menyegel kesepakatan tersebut setelah pembicaraan yang tegang selama akhir pekan menunda rilis paket tersebut.

Para pembantu Kongres masih harus menyelesaikan penulisan teks RUU tersebut dan penutupan singkat selama akhir pekan mungkin terjadi saat Kongres bersiap untuk melakukan pemungutan suara mengenai undang-undang tersebut.