Logo Bloomberg Technoz

Pertemuan tertutup di Senat akan dilakukan pada minggu ini oleh pejabat senior Departemen Kehakiman (DOJ) dan lembaga-lembaga lain. Pengarahan ini terjadi ketika pertempuran lobi atas undang-undang TikTok yang kontroversial berpindah ke Senat.

Sebelumnya RUU ini telah mendapat pengesahan dari DPR dengan fokus memaksa penjualan atau pelarangan aplikasi tersebut di AS.

Dorongan DOJ, yang dipimpin oleh Wakil Jaksa Agung Lisa Monaco, ditujukan untuk divestasi aplikasi berbagi video populer dari induknya, ByteDance, dan bukan pelarangan langsung di AS, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini. 

Monaco dan pejabat keamanan nasional lainnya telah bekerja di belakang layar dengan anggota parlemen utama untuk meloloskan undang-undang yang akan mengakibatkan TikTok didivestasikan dan mungkin dibeli oleh investor AS atau entitas Amerika, kata salah satu orang yang tidak ingin disebutkan namanya karena berbicara tentang masalah rahasia.  

Peraturan Keamanan Data

Departemen Kehakiman juga sedang mengembangkan peraturan untuk mencegah China dan pihak-pihak lain membeli data pribadi yang sensitif mengenai warga AS dari broker komersial, sebagai bagian dari perintah eksekutif Gedung Putih yang dikeluarkan bulan lalu.

Monaco mengatakan dalam wawancara tentang peraturan keamanan data bahwa tujuannya adalah untuk menutup celah yang memungkinkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk membeli kategori tertentu dari data pribadi dan data pemerintah AS yang sensitif.

“Saya melihat ini sebagai bagian dari serangkaian alat yang kita miliki untuk mengatasi ancaman keamanan nasional yang terus berkembang, yang semakin banyak data yang mendorong keamanan nasional dan aparat militer dan intelijen negara-negara musuh,” kata Monaco.

“Kami berusaha untuk sangat berhati-hati dan terkalibrasi dalam menangani ancaman keamanan nasional tanpa menimbulkan konsekuensi yang tidak diinginkan pada aktivitas keuangan dan transaksi komersial yang sah.”

Bulan ini, para pemimpin Monako dan DOJ memperingatkan perusahaan-perusahaan dalam sebuah konferensi hukum di San Francisco bahwa mereka tidak akan dapat bersembunyi di balik penggunaan algoritma kecerdasan buatan untuk menghindari penuntutan saat terjadi aktivitas ilegal.

Berkenaan dengan teknologi AI, departemen tersebut mengajukan laporan hukum pertamanya bulan ini yang mendukung gugatan terhadap perusahaan perangkat software manajemen properti AS karena diduga menggunakan algoritma penetapan harga untuk menaikkan harga sewa apartemen secara artifisial.

Pertikaian TikTok milik ByteDance dengan anggota Kongres di Amerika Serikat (AS). (Dok: Bloomberg)

 

Respons TikTok

TikTok mengedarkan dokumen berjudul "Tanggapan TikTok atas DOJ," dengan membantah klaim bahwa TikTok memiliki data pengguna seperti nama, usia, nomor telepon, email, alamat IP, dan lokasi umum yang merupakan pengumpulan informasi sensitif dalam jumlah besar.

Perusahaan mengatakan bahwa informasi yang mereka miliki tentang pengguna “dikumpulkan secara rutin oleh perusahaan untuk menyediakan akses ke layanan online.”

“Tidak seperti beberapa pesaingnya, TikTok tidak mengharuskan pengguna untuk mengungkapkan nama asli mereka, tidak bertanya kepada pengguna tentang status pekerjaan atau hubungan mereka, dan tidak meminta pengguna di AS untuk mengungkapkan informasi geolokasi yang tepat," menurut dokumen tersebut.

TikTok juga mengatakan bahwa algoritmanya untuk merekomendasikan konten disimpan di server cloud yang dikelola oleh mitranya di AS, Oracle Corp.

Sanggahan lain bahwa setiap perubahan pada algoritma tersebut ditinjau dan dikelola oleh personil di unit bisnisnya di AS.

“Tidak ada pemerintah - termasuk Cina atau Amerika Serikat - yang mempengaruhi algoritma TikTok,” kata perusahaan.

Upaya untuk memisahkan TikTok dari induknya di China telah mendapatkan momentum terbesar dalam beberapa tahun terakhir sejak upaya yang gagal dari pemerintahan Donald Trump untuk melarang aplikasi yang sangat populer ini, yang memiliki 170 juta pengguna di Amerika.

Mantan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan minggu lalu bahwa ia sedang berbicara dengan investor potensial untuk mengakuisisi aplikasi tersebut.

Di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump, AS mengawasi sebuah kesepakatan di mana ByteDance akan menjual aset-asetnya di Amerika kepada sebuah grup yang dipimpin oleh Oracle. Namun ByteDance menolak dan kesepakatan itu berantakan.

RUU yang telah disahkan DPR menyerukan divestasi dalam waktu enam bulan, tetapi beberapa senator, termasuk Richard Blumenthal dari Connecticut, mengatakan bahwa itu mungkin tidak cukup waktu untuk mendapatkan pembeli.

Senator-senator lain mengatakan bahwa mereka ingin melihat RUU tersebut melalui proses amandemen penuh dan akan terbuka terhadap perubahan-perubahan untuk memperbaikinya.

Gedung Putih juga telah menawarkan “bantuan teknis” yang bertujuan untuk mengubah RUU tersebut dari versi yang telah disahkan oleh DPR. Perubahan semacam itu dapat memperlambat kemajuannya melalui Kongres.

- Dengan asistensi Chris Strohm, Daniel Flatley and Alex Barinka.

(wep)

No more pages