Logo Bloomberg Technoz

Susul Jepang, Korea Selatan Akan Ikut Bangun Sarana Air di IKN

Pramesti Regita Cindy
26 April 2024 16:50

Pembangunan IKN. (Dok: Bloomberg)
Pembangunan IKN. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut Indonesia akan menandatangi nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Korea Selatan (Korsel) dalam membangun instalasi pengelolaan air untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam World Water Forum atau WWF 2024.

"Kemudian beberapa MoU hibah akan ditandatangani di sana salah satunya water treatment plant untuk IKN dari Korea. Ada 300 liter per detik, sekarang sudah ada persiapan di lapangan tapi MoU akan dipakai sebagai seremonial di WWF," kata Basuki ketika ditemui di gedung PUPR, Jumat (26/4/2024).

Tak hanya dengan Korsel, Basuki mengeklaim nota kesepahaman juga akan dilakukan dengan Japan International Cooperation Agency (JICA), Finlandia, dan Tunisia.

Bahkan, menurutnya, Tunisia ingin membangun kerja sama dengan Indonesia terkait dengan modifikasi cuaca. "Tunisia ingin mendapatkan bantuan modifikasi cuaca. Mungkin kita akan melakukan di sana karena mereka butuh hujan," sambungnya.

Adapun, dengan JICA Indonesia akan mendapatkan pusat keunggulan pengelolaan air dan ketahanan iklim yang disokong oleh badan kerjasama asal Jepang ini.