Logo Bloomberg Technoz

Penghasilan Kelas Menengah RI Terkuras Lonjakan Harga & Pajak

Tim Riset Bloomberg Technoz
14 March 2024 10:20

Kondisi keuangan masyarakat Indonesia tengah terpuruk ke level terendah dalam dua tahun terakhir (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Kondisi keuangan masyarakat Indonesia tengah terpuruk ke level terendah dalam dua tahun terakhir (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penurunan kondisi keuangan masyarakat Indonesia ke level terendah sejak April 2022, terutama terjadi di kelas menengah dengan nilai pengeluaran antara Rp4,1 juta-Rp5 juta per bulan, berdasarkan hasil Survei Konsumen yang dilansir oleh Bank Indonesia, kemarin (13/2/2024).

Kelompok menengah ini mencatat penurunan Indeks Penghasilan Saat Ini hingga 11,1 poin pada Februari, level terendah sejak Maret 2022 lalu.

Bukan cuma kondisi penghasilan yang memburuk, kelompok menengah ini juga yang paling merasakan kesulitan mendapatkan pekerjaan. Hal itu terindikasi dari Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja yang anjlok hingga 13,8 poin, turun paling banyak di antara kelompok pengeluaran lain.

Kondisi yang lebih buruk itu sepertinya juga membuat kelompok ini mengurangi pembelian barang sekunder. Indeks Pembelian Barang Tahan Lama untuk kelas pengeluaran ini turun terdalam 3,5 poin.

Hasil survei itu tidak terlalu mengejutkan bila melihat kinerja penjualan barang sekunder seperti mobil dan sepeda motor sejauh ini.