Logo Bloomberg Technoz

Ini Kata Warga Depo Plumpang soal Relokasi Buffer Zone Pertamina

Sultan Ibnu Affan
17 March 2023 15:21

Kondisi di salah satu titik pengungsian atas insiden kebakaran depo Pertamina Plumpang. (Dok jakarta.go.id)
Kondisi di salah satu titik pengungsian atas insiden kebakaran depo Pertamina Plumpang. (Dok jakarta.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pertamina akan membangun buffer zone 'wilayah penyangga' di terminal bahan bakar minyak (TBBM) Plumpang, Koja, Jakarta Utara. Hal tersebut sebelumnya diutarakan oleh Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina Persero Nicke Widyawati. Nicke mengatakan, dibandingkan harus memindahkan Depo Plumpang yang terbakar pada awal Maret itu, Pertamina memutuskan untuk membuat buffer zone.

Para warga yang terkena buffer zone ini nantinya akan diberikan penggantian. Namun untuk skemanya sendiri kata Pertamina masih dirumuskan.

"Bahasanya ganti untung," kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting saat dihubungi.

Sementara warga sekitar Plumpang yang merupakan korban kebakaran membenarkan bahwa mereka sudah mendengar kabar bahwa Pertamina akan melakukan relokasi terhadap warga di area buffer zone nantinya. Bahkan disebut ada pihak yang mendatangi mereka, menanyakan data hingga mengukur area tersebut.

"Kemarin itu ada yang ngedata gitu. Suami saya lebih tahu tapi saya lihat memang dimeter-meter (diukur) gitu," kata warga RW 1 bernama Dedeh (45) kepada Bloomberg Technoz, Jumat siang (17/3/2023).

Petugas pemadam di pemukiman warga yang terbakar usai kebakaran di depo Pertamina Plumpang, Jakarta, Sabtu (4/3/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)