Logo Bloomberg Technoz

Bitcoin Cetak Rekor, 1.500 Wallet Miliarder Baru Muncul Tiap Hari

News
12 March 2024 06:40

Industri kripto dengan Bitcoin jadi primadona. (Dok: Bloomberg)
Industri kripto dengan Bitcoin jadi primadona. (Dok: Bloomberg)

David Pan - Bloomberg News

Bloomberg, Menurut perusahaan analitik kripto Kaiko Research, reli Bitcoin yang memecahkan rekor diperkirakan menciptakan sekitar 1.500 "dompet miliarder" baru setiap hari.

Dompet (wallet) adalah alamat digital pada blockchain Bitcoin, di mana pengguna dapat menyimpan mata uang kripto. Data seperti jumlah token yang dimiliki dompet-dompet tersebut dapat diakses karena jaringannya bersifat publik dan tidak dikendalikan oleh perantara terpusat mana pun. Namun, alamat-alamat tersebut bersifat anonim, sehingga sulit untuk membedakan apakah alamat tersebut dikendalikan oleh individu atau entitas.

Bitcoin telah melonjak sekitar 70% tahun ini di tengah kegembiraan atas lonjakan permintaan akan dana yang diperdagangkan di bursa AS (exchange-traded funds/ETF) yang pertama kali diizinkan untuk memegang token tersebut pada Januari. 

Meski begitu, laju dompet miliarder baru yang tercipta lebih lambat dibandingkan dengan reli pasar kripto terakhir di tahun 2021, di mana lebih dari 4.000 dompet mencapai angka satu juta dolar setiap hari. Angka tertinggi untuk tahun ini adalah 1.691 dompet pada 1 Maret.