Logo Bloomberg Technoz

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Laut Banda, Maluku

Redaksi
10 March 2024 14:30

Peta gempa Maluku Utara 24 Februari 2023 (bmkg.go.id)
Peta gempa Maluku Utara 24 Februari 2023 (bmkg.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Pantai Utara Pulau Wetang, Maluku Barat Daya, Maluku pukul 10.05 WIB, Minggu (10/3/2024), hari ini.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa tektonik ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,56° LS ; 129,41° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 28 Km arah Utara Pulau Wetang, Maluku Barat Daya, Maluku pada kedalaman 84 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi di dalam Lempeng Laut Banda. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Minggu (10/3/2024).

Berdasarkan estimasi peta guncangan, gempa ini menimbulkan guncangan di daerah Pulau Wetang, Pulau Babar dengan skala intensitas III - IV MMI, yakni bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Sementara itu, di daerah Amahai, Maluku Tengah skala intensitasnya II - III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Daryono.