Logo Bloomberg Technoz

BMKG: Jabodetabek Masih Dilanda Hujan Lebat hingga 8 Maret 2024

Dinda Decembria
01 March 2024 10:30

Ilustrasi hujan di Jabodetabek. (Dok. Pexels)
Ilustrasi hujan di Jabodetabek. (Dok. Pexels)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan cuaca hujan dengan intensitas ringan-lebat masih akan melanda wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) pada 1-8 Maret 2024. Kabar ini disampaikan Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto.

"Secara umum perlu diwaspdai dalam sepekan keadaan masih terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan-lebat yang disertai kilat/angin kencang di wilayah Jabodetabek pada tanggal 1-8 Maret 2024," kata Guswanto dalam keterangan rilis yang diterima dari BMKG.

Guswanto mengatakan akan terus memantau kondisi cuaca dan perubahannya berdasarkan data dan analisa terkini selama 24/7.

"Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan melakukan langkah-langkah antisipatif terhadap peningkatan curah hujan yang berpotensi terjadi dalam seminggu ke depan, dengan terus memperbarui informasi prakiraan dan peringatan dini cuca dari BMKG," lanjutnya.

Guswanto pun menjelaskan pemicu terjadinya kondisi cuaca ekstrem di Jabodetabek tersebut. Pertama, aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) saat ini memasuki fase 3 (Samudra Hindia bagian timur), dan diprediksi akan memasuki wilayah Indonesia dimulai dari bagian barat dan bergerak ke timur.