Logo Bloomberg Technoz

Tarif Tol Jakarta-Cikampek dan MBZ Naik Mulai Hari Ini

Pramesti Regita Cindy
09 March 2024 11:30

Gerbang tol Cikampek Utama. (Dok PT Jasamarga Transjawa Tol)
Gerbang tol Cikampek Utama. (Dok PT Jasamarga Transjawa Tol)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penyesuain tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) telah resmi diberlakukan pada hari ini, Sabtu (9/3/2024) sejak pukul 00:00 WIB. 

PT Jasa Marga menjelaskan bahwa penyesuaian tarif tol ini mempertimbangkan inflasi untuk Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari periode September 2016 hingga Desember 2023, dan hitungan inflasi untuk segmen Jalan Layang MBZ mulai periode Oktober 2020 hingga Desember 2023.

Tak hanya itu, penyesuaian tarif ini dilakukan sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 250/KPTS/M/2024 tanggal 2 Februari 2024 tentang Penyesuaian Tarif Integrasi Pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated.

"Penyesuaian tarif ini dibutuhkan untuk memastikan iklim investasi jalan tol yang kondusif, menjaga kepercayaan investor dan pelaku pasar terhadap industri jalan tol yang prospektif di Indonesia, serta menjamin level of service pengelola jalan tol tetap sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM) jalan tol," kata Vice President Corporate Secretary and Legal PT JTT Ria Marlinda Paallo dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (9/3/2024). 

"Kami terus melakukan upaya-upaya dalam pemenuhan Standar Pelayanan Minimal jalan tol, peningkatan kualitas jalan tol dan melakukan inovasi pelayanan jalan tol guna menjaga kelangsungan usaha yang berkelanjutan," sambungnya.