Logo Bloomberg Technoz

Peringati Hari Raya Nyepi, Jalan Tol Mandara Bali Ditutup 32 Jam

Redaksi
05 March 2024 20:50

Umat Hindu mengarak ogoh-ogoh menyambut Hari Raya Nyepi 2023. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Umat Hindu mengarak ogoh-ogoh menyambut Hari Raya Nyepi 2023. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dalam rangka memperingati perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1946, 11 Maret 2024, Tol Bali Mandara akan ditutup selama 32 jam. Penutupan akan berlangsung mulai hari Minggu (10/3/2024) pukul 23:00 WITA dan akan dibuka kembali pada hari Selasa (12/3/2024) pukul 07:00 WITA.

"PT Jasamarga Bali Tol (JBT) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan Jalan Tol Bali Mandara akan menutup operasional jalan tol dalam rangka menghormati perayaan Hari Raya Nyepi," kata Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol  I Ketut Adiputra Karang, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/3/2024).

Penutupan jalan tol ini, kata Adiputa bertujuan untuk menghormati dan mendukung perayaan Hari Raya Nyepi, yang memiliki makna penting bagi umat Hindu di Bali. Meski demikian, jalan tol juga masih dapat digunakan untuk kendaraan seperti pemadam kebakaran, ambulans dan kendaraan darurat lainnya, termasuk juga tetap menyiagakan petugas layanan jalan tol.

"PT JBT mengimbau agar kendaraan darurat selalu didampingi oleh pecalang atau instansi terkait sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelaksanaan Hari Raya Nyepi di Provinsi Bali," kata dia.  

Selain menutup Jalan Tol Bali Mandara, Jasamarga juga turut mendukung rangkaian kegiatan Hari Raya Nyepi, termasuk Upacara Melasti yang dijadwalkan dilaksanakan pada Hari Jumat, 8 Maret 2024, di tempat Pemelastian Desa Adat Pedungan, Banjar Pesanggaran.

Umat Hindu mengarak ogoh-ogoh menyambut Hari Raya Nyepi 2023. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

"PT JBT akan berkoordinasi dengan Kepolisian Resor Benoa, Induk VI Direktorat Lalu Lintas Polda Bali dan Pecalang untuk pengaturan lalu lintas dari perempatan Pesanggaran ke arah Pelabuhan Benoa hingga lokasi upacara Melasti," ujar dia.

Adapun pada hari upacara Melasti, jalan akses dari depo Pertamina ke arah Pelabuhan Benoa hingga lokasi upacara akan diakses khusus oleh masyarakat yang akan melaksanakan upacara Melasti. Sementara itu, jalur sebaliknya, dari Pelabuhan Benoa ke arah Pesanggaran, akan difungsikan dalam dua arah atau contraflow. Pengaturan lalu lintas akan berlangsung mulai pukul 05.00 WITA hingga selesai acara.