Logo Bloomberg Technoz

Permintaan Batu Bara dari China Bakal Stagnan Mulai Tahun Ini

News
08 March 2024 16:30

Batu bara di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara./Bloomberg-Dimas Ardian
Batu bara di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg News

Bloomberg, Konsumsi batu bara China diestimasikan mencapai puncaknya secara cepat tahun ini, sebelum akhirnya stagnan beberapa waktu setelahnya, meski komoditas energi fosil tersebut masih akan berperan dalam mengatasi masalah ketahanan energi Negeri Panda ke depannya.

Wakil Sekjen Asosiasi Batubara Nasional China, Zhang Hong, mengatakan peran batu bara mulai tergeser dari sektor ketenagalistrikan berkat lonjakan besar penggunaan energi angin dan surya pada tahun lalu, sedangkan krisis real estate membantu mengurangi permintaan batu bara dari industri berat.

Pada saat yang sama, pertumbuhan energi terbarukan di China bukan berarti batu bara serta-merta ditinggalkan untuk membantu menyeimbangkan kebutuhan listrik. Untuk itu, penurunan konsumsi batu bara secara tajam diyakini tidak akan terjadi dalam waktu singkat.

“Permintaan batu bara mencapai masa stagnan, tetapi peran mendasarnya dalam mendukung keamanan pasokan energi China sulit diubah dalam jangka pendek,” kata Zhang pada KTT Internasional Impor Batubara China di Xiamen, China tenggara.