Logo Bloomberg Technoz

Selanjutnya, Solana SOL juga mengalami penguatan signifikan dalam 24 jam, naik 4,73% dan mencatatkan kenaikan 8,49% dalam sepekan menuju harga US$145,07.

Ethereum ETH juga dalam tren naik dengan menguat 3,77% dalam 24 jam menjadi US$3.924,57 dengan keberhasilan terus melanjutkan tren Bullish, dengan menguat 16,22% dalam sepekan.

Polygon MATIC juga melanjutkan tren penguatan, dengan tercatat kenaikan 3,08% dengan tren kenaikan 14,64% dalam sepekan menuju harga US$1,16.

Avalanche AVAX juga bertengger pada daftar aset kripto yang sukses menguat di jalur hijau, adapun angka kenaikannya mencapai 1,75% dan secara sepekan berhasil melonjak 2,87% pada harga US$43,41.

Aset digital kripto, seperti Bitcoin dan Ether. (Dok: Bloomberg)

XRP Koin juga bergerak menguat 0,45% dalam 24 jam menjadi US$0,6258 dalam sepekan melaju dengan terapresiasi 6,77%.

Menyusul tren yang sama, Altcoin lainnya juga kompak ada di zona hijau. Shiba Inu SHIB dalam tren naik dengan mencetak penguatan mencapai 8,91% dalam 24 jam menjadi US$0,00003428, serta terus meroket mencapai 168% dalam sepekan.

PEPE Koin juga tengah dalam tren Bullish, melesat 17,5% dalam 24 jam menjadi US$0,000007997 dengan harga tersebut, PEPE meroket 174% dalam sepekan.

Sementara itu, Bitcoin Cash BCH dengan angka kenaikan mencapai 6,58% dan sepekan penguatannya menyentuh 37,39% menjadi US$433,41.

Litecoin LTC dan Toncoin TON juga kompak di zona hijau dalam 24 jam. Dengan keduanya mencatatkan angka penguatan 3,48% dan 2,98%.

Sudah Saatnya Taking Profit?

Perdagangan kripto, termasuk Bitcoin dan Ether. (Dok: Bloomberg)

Mencermati lebih lanjut aset kripto yang sedang dalam tren Bullish saat ini, Fear and Greed Index yang mengukur sentimen pasar aset kripto, telah mencapai angka tertingginya sejak Bitcoin berhasil menyentuh level titik tertinggi sepanjang masa (All Time High/ATH).

Data terbaru menunjukkan indeks mencapai 89/100. Ini termasuk dalam kategori “Keserakahan” atau greed, dengan skala Ketamakan Ekstrem dan menyamai posisinya hanya beberapa hari setelah Bitcoin mencapai level ATH terbaru sepanjang masa.

Dengan kata lain, situasi pasar aset kripto juga telah berada dalam zona greed atau serakah, maka dapat dipertimbangkan untuk sejumlah investor dan trader untuk melakukan diversifikasi portofolio, menetapkan tujuan, dan yang terpenting, menentukan batasan risiko dengan menggunakan fitur take profit dan stop loss juga menghindari FOMO/Fear Of Missing Out.

Investor dan trader aset kripto juga dapat terus memantau berita dan tren pasar. Sementara, memperhatikan pergerakan Bitcoin untuk mendapatkan wawasan tentang potensi pergerakan harga, serta kewaspadaan juga penting mengelola risiko dalam pasar kripto yang volatil.

Di samping tren Bullish yang amat menarik, Panji Yudha, Analis Financial Expert Ajaib Kripto memaparkan, investor dan trader kripto harus waspada terhadap pembalikan tren dan memanfaatkan diversifikasi ke Altcoin dengan narasi kuat dan prospek teknologi Blockchain menjanjikan.

“Adapun, trader sangat dianjurkan gunakan stop-loss dan take profit order untuk mengunci keuntungan dan membatasi kerugian jika terjadi pembalikan tren,” tutup Panji.

(fad/roy)

No more pages