Logo Bloomberg Technoz

Huawei Tergantung Teknologi AS, Pake Barang Bekas Bikin Chip

News
08 March 2024 15:00

Huawei. (Jason Alden/Bloomberg)
Huawei. (Jason Alden/Bloomberg)

Cagan Koc dan Mackenzie Hawkins - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan teknologi Huawei Technologies Co dan mitranya Semiconductor Manufacturing International Corp (SMIC) ternyata masih mengandalkan teknologi AS untuk memproduksi cip canggih di China tahun lalu.

Menurut sumber, SMIC yang berbasis di Shanghai menggunakan peralatan dari Applied Materials Inc dan Lam Research Corp yang berbasis di California untuk memproduksi chip 7-nanometer canggih untuk Huawei pada 2023.

Informasi yang sebelumnya tidak dilaporkan ini menunjukkan bahwa China masih belum bisa sepenuhnya menggantikan komponen dan peralatan asing tertentu yang diperlukan untuk produk mutakhir seperti semikonduktor. Negara ini telah menjadikan swasembada teknologi sebagai prioritas nasional, dan upaya Huawei untuk memajukan desain dan manufaktur chip dalam negeri telah mendapat dukungan dari Beijing.

Perwakilan dari SMIC, Huawei, dan Lam tidak menanggapi permintaan komentar. Applied Materials dan Biro Industri dan Keamanan Departemen Perdagangan AS, yang bertanggung jawab untuk menerapkan kontrol ekspor, menolak berkomentar.