Logo Bloomberg Technoz

China Tambah Cadangan Emas 2.000 Ton, Dorong Lonjakan Harga

News
07 March 2024 20:40

Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)
Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)

Sybilla Gross - Bloomberg News

Bloomberg, Selama 16 bulan berturut-turut, bank sentral China kembali menambah cadangan emas pada bulan Februari. Aksi akumulasi emas ini turut mendorong harga logam mulia tersebut melonjak ke rekor tertinggi.

Menurut data resmi yang dirilis pada Kamis (07/03/2024), cadangan emas yang dipegang oleh bank sentral China atau People's Bank of China (PBOC) naik sekitar 390.000 troy ounce bulan lalu. Peningkatan tersebut membuat total kepemilikan mereka menjadi 72,58 juta troy ounce, setara dengan sekitar 2.257 ton.

Harga emas spot telah meningkat minggu ini karena para investor bertaruh pada kemungkinan penurunan suku bunga AS di akhir tahun nanti. Namun, pembelian emas oleh bank sentral, terutama oleh China, juga menjadi pendorong signifikan bagi penguatan emas sejak 2022.

Dewan Emas Dunia (World Gold Council) melaporkan bahwa bank sentral global membeli 1.037 ton emas tahun lalu, hampir menyamai rekor tertinggi sepanjang masa. Dewan tersebut memperkirakan potensi pembelian emas dalam jumlah besar oleh negara-negara termasuk China dan Polandia tahun ini, disampaikan pada bulan Januari lalu.