Logo Bloomberg Technoz

Seperti diketahui, laju inflasi pada Februari terpantau terakselerasi. Inflasi pangan mengalami inflasi paling tinggi dibandingkan kelompok lainnya. 

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, terjadi inflasi 0,37% pada Februari dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mtm). Lebih tinggi dibandingkan Januari yang hanya sebesar 0,04% mtm.

Adapun, dalam pemberitaan sebelumnya, Deputi Bidang Statistik Produksi BPS mengimbau masyarakat untuk mewaspadai terjadinya kenaikan harga beberapa komoditas pangan pada momentum Ramadan, termasuk beras dan daging ayam ras.

"Berdasarkan tinjauan khusus terkait inflasi pada Bulan Ramadan, waspada terjadinya kenaikan harga secara umum pada momentum ramadan yang ditunjukkan dari data historis perkembangan inflasi di mana pada momentum ramadan selalu terjadi inflasi," ujar Habibullah dalam Konferensi Pers Inflasi Februari 2024, Jumat (1/3/2024).

Habibullah juga mengungkap alasan beberapa komoditas pangan tersebut mengalami kenaikan harga dalam hari raya besar keagamaan. Menurutnya, kenaikan harga ini disebabkan meningkatnya permintaan sehingga berpotensi mendorong inflasi secara umum.

“Sebagai dampak dari meningkatnya permintaan, demand pull inflation,” ucapnya.

(azr/spt)

No more pages