Logo Bloomberg Technoz

Penugasan pasukan yang belum pernah terjadi sebelumnya - didukung oleh artileri dan dukungan udara - ke bentangan perbatasan ini menyoroti kepentingan strategis wilayah tersebut dan sensitivitasnya yang semakin meningkat di mata para pemimpin India.

Daerah tersebut, yang terletak di Himalaya, adalah rumah bagi beberapa tempat suci agama Hindu. Daerah ini telah mengalami investasi infrastruktur dan pembangunan yang besar dalam dekade terakhir karena pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi mendorong pariwisata ke daerah tersebut.

Pada 2021, India menempatkan kembali 50.000 tentara tambahan untuk berpatroli di perbatasannya dengan China, setelah bentrokan perbatasan mematikan tahun sebelumnya yang menewaskan sedikitnya 20 tentara India. Hal ini berdampak serius pada hubungan kedua negara.

China dan India sejak itu meningkatkan infrastruktur terkait militer dan memindahkan rudal serta pesawat terbang ke kedua sisi perbatasan mereka, selain menempatkan lebih banyak pasukan.

“Kemungkinan menghadapi situasi serupa yang kami hadapi pada tahun 2020 membuat kami tetap aktif sepanjang waktu,” kata Sekretaris Pertahanan India Giridhar Aramane, pada acara bisnis bulan lalu, mengacu pada bentrokan perbatasan antara negara tetangga bersenjata nuklir tersebut.

Hubungan antara India dan China memburuk setelah konfrontasi itu dan belum banyak membaik sejak saat itu. Sebanyak 21 putaran perundingan diplomatik militer telah membuat kemajuan bertahap. India sejak itu telah mengeluarkan undang-undang untuk mencegah investasi dan perusahaan China di India.

(bbn)

No more pages