Logo Bloomberg Technoz

Sempat Bullish, Harga Batu Bara Diramal Hanya US$126 Tahun Ini

Dovana Hasiana
07 March 2024 10:40

Truk pengangkut batu bara. (Dok abm-investama.com)
Truk pengangkut batu bara. (Dok abm-investama.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga rata-rata batu bara di pasar ICE Newcastle pada 2024 diproyeksikan bertengger di level US$126/ton pada 2024. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata harga batu bara tahun lalu di level US$175/ton dan harga penutupan sekitar US$145/ton.

Equity Research Analyst Mirae Asset Sekuritas Indonesia Rizkia Darmawan mengatakan proyeksi harga batu bara di pasar ICE Newcastle ada di rentang US$101/ton hingga US$150/ton dengan base assumption harga rata-rata batu bara tahun ini di level US$126/ton.

“Kita sendiri belum melihat akan adanya kenaikan yang signifikan sampai melampaui batas tersebut,” ujar Rizkia saat dihubungi, dikutip Kamis (7/3/2024).

Pergerakan harga batu bara dunia (Bloomberg)

Baru-baru ini Amerika Serikat (AS) memberlakukan sanksi terbaru bagi Rusia atas serangan Negeri Beruang Merah ke Ukraina. Hal ini pun memberikan volatilitas pada harga batu bara.

Dalam kaitan itu, Rizkia melanjutkan, terdapat sedikit penurunan aktivitas logistik batu bara dari Rusia terutama untuk India setelah adanya sanksi tersebut.